MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PIRI SLEMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Unissula Press.
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Astika, D. P. C. & Isroah. (2013). Implementasi Metode Belajar Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 11, (1), 29-49.
Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2018. Jakarta : Badan Pusat Statistik.
Bahri, S. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdikbud. (2003). Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdikbud. (2018). Permendikbud Ri No. 34 Tahun 2018 Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Herminarto, S., Tawardjono, U., dan Gunadi. (2014). Peningkatan Mutu Pembelajaran Teknologi Pengecatan Melalui Metode Jigsaw Bagi Mahasiswa Otomotif FT UNY. Jurnal JPTK Vol 22, 89-98.
Husammah et.al. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Magelang: UMM Press.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhlisin. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PDTO Siswa Kelas X TSM B di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyasa, H.E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Purwanto, N. (2014). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Puspendik Kemendikbud. (2018). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diambil pada tanggal 11 Juli 2019 dari Puspendik Kemendikbud : https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalitas Guru Abad 21. Bandung: Alfa Beta.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
Sardiman, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sofyan, H. (2015). Metodologi Pembelajaran Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.
Utami, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video. Jurnal JPTK Vol 22, 424-431.
Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Press
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.