PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK BIDANG OTOMOTIF DI SLEMAN DAN YOGYAKARTA
Sudiyanto Sudiyanto, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan media berbasis IT lebih tinggi dari pada pembelajaran yang menggunakan media non IT. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Perlakuan berupa penggunaan media berbasis IT dan media non IT untuk pembelajaran Sistem Kelistrikan, Chasis, dan Las Cair Busur Listrik Elektroda Terbungkus. Subyek penelitian diambil dari siswa SMK kelas XI dari tiga sekolah.di Kabupaten Sleman dan Kota Magelang. Setiap sekolah diambil dua rombongan belajar sebagai kelas eksperimen dan kelas control. Penetuan subyek penelitian dilakukan secara propursive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan post test dan observasi. Validasi instrumen dilakukan oleh pakar Perguruan Tinggi dan SMK. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan Uji Jenjang Wilconxon. Hasil penelitian menujukkan rerata aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran pada kelas kontrol (dengan media berbasis non IT) antara cukup-baik (skore 67.00; 74.25, dan 63.13), sedangkan pada kelas eksperimen(dengan media berbasis IT) termasuk baik (skore 74.50; 73.25; dan 75.00). Penggunaan media berbasis IT dalam pembelajaran tidak semua dapat membuat aktivitas dan prestasi belajar siswa lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan media berbasis non IT.
Kata kunci: Media Berbasis IT, Aktivitas Belajar, Prestasi BelajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan dan Vokasi Otomotif
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.