Pengembangan perangkat pembelajaran teknik digital berbasis project based learning di jurusan pendidikan teknik elektro
Endi Permata, Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Untirta, Indonesia
Ratna Ekawati, Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Untirta, Indonesia
Setria Utama Rizal, Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Untirta, Indonesia
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Modul Praktik (Lab Sheet) pada mata kuliah Teknik Digital menggunakan pendekatan Project Based Learning. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: (1) aspek kevalidan, (2) aspek kepraktisan, dan (3) aspek keefektifan mahasiswa. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP masuk dalam kategori sangat baik, dan skor rata-rata Lab Sheet yang dikategorikan baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon mahasiswa masuk dalam kategori sangat baik, skor rata-rata respon dosen masuk dalam kategori baik, dan persentase hasil observasi pembelajaan masuk dalam kategori sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari kemampuan mahasiswa memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 93,10% yang berarti sangat baik dan skor rata-rata kemampuan mahasiswa yaitu 82,68 yang berarti baik.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, project based learning, penelitian pengembangan (ADDIE model)
THE TEACHING DEVICES DEVELOPMENT OF DIGITAL ENGINEERING USING PROJECT BASED LEARNING IN DEPARTMENT OF ELECTRICAL ENGINEERING EDUCATION
Abstract
This development study was aimed to describe the quality of the learning device in the form of Learning Implementation Plan (RPP) and Practice Module (Lab Sheet) on Digital Engineering course using Project Based Learning approach. Quality of product development was assessed by considering the aspects of: 1) validity, 2) practicality, and 3) the effectiveness of the student. The development procedure refers to the development model of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The quality of the learning device validity fulfills the criteria of being ‘valid’ indicated by the average score of RPP which is categorized as very good, and the average score of Lab Sheet which is categorized as good. The quality of learning device practicality fulfills the criteria of being ‘practical’ indicated by the average score of students’ response which is categorized as very good, the average score of lecturers’ response which is categorized as good, and the percentage of learning observation result which is categorized as very good. The quality of the effectiveness of the learning device observed in terms of students’ ability effectively meets the criteria of being ‘effective’ indicated by the percentage of students’ completeness (93.10%) which means very good and the average score of students’ ability (82.68), which means good.
Keywords: learning of equipment, project based learning, research of development (ADDIE-Model)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Mahmudi. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Makalah, Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2006. Yogyakarta: UNY.
Ali Zahman. (2012). Keefektifan Pendekatan Kontekstual dan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pencapaian Kompetensi Dasar, Kemampuan Penalaran, dan Komunikasi Matematika. Tesis. Pascasarjana UNY.
Alunanda. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 03 Nomor 01 Tahun 2014, 23-29.
Asep Jihad & Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo.
Chomsin S. Widodo dan Jasmandi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Cord. (2010). Project based learning Resources. Diambil pada tanggal 20 Arpil 2016, dari http://www.cord.org/project-based-learning-resources/
Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fatkhurrokhman, M. (2016). Strategi Belajar Siswa pada Kegiatan Praktik Kerja Industri dalam Memperoleh Kompetensi, VOLT - Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol 1, Nomor 1, Oktober 2016, 47-58.
Hendro Darmodjo & Jenny R. E. Kaligis. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Johnson, Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press. Inc.
Lesmana, C & Jaedun, A. (2015). Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 2, Juni 2015.
Masnur Muslich. (2011). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Implementasi Konsep, Karakteristik, dan Metodologi Pendidikan Agama Islam.Jogjakarta: SUKSES Offset.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nieveen, Ninke, et all. (1999). Design Approachess and Tools in Education and Training. Boston: Kluwer Academic Publisher.
Nurmeidina, R. (November 2013). Mengembangkan karakter siswa dengan pendekatan kontekstual. Makalah disajikan dalam Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika FMIPA UNY.
O’Connell, Susan. (2007). The Math Process Standards Series: Introduction To Communication Grades 3 – 5. Portsmouth: Heinemann.
Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Paul Hamlyn Foundation. (2012). Work that matters: The teacher’s guide to project-based learning. Diambil tanggal 20 Arpil 2016, dari: http://www.innovationunit.org/sites/default/files/teacher’s%20guide%20project-based%20learning
Tafakur & Wardan Suyanto. (2015). Pengaruh Cooperative Project-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Praktik “Perbaikan Motor Otomotif” Di SMKN 1 Seyegan, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 1, Februari 2015.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by: