Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nurul Hayati, Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yoyon Suryono, Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan program (2) pelaksanaan program (3) hasil pelaksanaan program dan (4) dampak program Taman Bacaan Masyarakat pada TBM Mata Aksara, TBM Cakruk Pintar, TBM Luru Ilmu, dan TBM Rumah Asa dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO, yang terdiri atas context, input, process, product, dan outcome. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 temuan.  Pertama, Setiap TBM memiliki program kegiatan yang berbeda. Kedua, pelaksanaan kegiatan program pada masing-masing TBM telah berjalan dengan baik. Ketiga, hasil pelaksanaan kegiatan program berjalan baik dengan berbagai prestasi yang diraih oleh TBM. Keempat, dampak kegiatan program pada masing-masing TBM dapat dikatakan baik, karena memiliki manfaat positif terhadap masyarakat.

Kata Kunci: evaluasi, taman bacaan masyarakat, keberhasilan

 

The Success Evaluation of Community Library Program in Improving Community Reading Interest in Yogyakarta


Abstract

This study aimeds to know: (1) planning program, (2) implementation, (3) the results of the implementation, and (4) program impact of the TBM program Mata Aksara TBM, Cakruk Pintar TBM, Luru Ilmu TBM, and Rumah Asa TBM in improving reading interest of society. This type of research was the evaluation study using CIPPO model, which consisted of context, input, process, product, and outcome. The results show four findings. First, every TBM has different programs, so that each has its own type of activity. Second, the implementation of program activities at each TBM can be said to be good. Third, the results of the implementation of the program of activities can be said to be good with a variety of accomplishments achieved by the TBM. Fourth, the impact of the program on each TBM can are good, because it has positive benefits for the community.

Keywords: evaluation, community library, success

Keywords


evaluasi; taman bacaan masyarakat; keberhasilan

Full Text:

PDF

References


Gasman, Barbara Lavato. (2007). The physical community college library: a single Institution study of the relationship between User satisfaction and library use. New Meksiko: New Meksiko State University

Joesoef, Soelaiman. (2006). Konsep dasar pendidikan luar sekolah. Jakarta: Bumi aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen PAUDNI, Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. (2013). Taman bacaan masyarakat ruang publik. Jakarta

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Taman bacaan masyarakat kreatif. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat Dirjen PNFI

Moleong, L. J. (2007). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oakleaf, M. (2010). Value of academic libraries: A comprehensive research review and report. Association of College and Research Libraries.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stufflebeam, Daniel L, George F. Madous, Michael S. Scriven. (1986). Evaluation models (viewpoints on educational and human services evaluation). U.S.A: Kluwer-Nijhoff Publishing

Tristanti, T., & Suryono, Y. (2014). Evaluasi program kecakapan hidup bagi warga binaan di lembaga pemasyarakatan anak kelas IIA Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 113 - 123. Retrieved fromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2361




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats