Prototype model taman bacaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif creative economic-based community reading park prototype model

Yanti Karmila Nengsih, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Mahyumi Rantina, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Vina Amalia Suganda M, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Mega Nurrizalia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Prototype Model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Ogan Ilir. Penelitian pengembangan ini dilaku-kan dengan mempedomani langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi ahli yang mengguna-kan 3 ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi/isi dan ahli penyajian/media dan 7 orang masyarakat untuk. Instrumen validasi yang digunakan adalah angket. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan satu variabel yaitu kualitas prototype model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) berbasis Ekonomi Kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) berbasis Ekonomi Kreatif dengan menerapkan metode montessori yang terdiri dari 2 sentra yaitu sentra literasi baca tulis dan sentra ekonomi kreatif, secara tujuan dinilai layak untuk digunakan oleh masyarakat dalam meningkatkan kegiatan baca tulis dan kegiatan ekonomi kreatif masyarakat, (2) tingkat keterpakaian model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) berbasis Ekonomi Kreatif dinilai sangat tinggi untuk digunakan oleh masyarakat.

 

Prototype model of community reading park based on creative economy creative economy-based community reading park prototype model

 

Abstract: This study aims to develop products in the form of Prototype Model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Based on Creative Economy in Ogan Ilir. This developmental research was carried out by guiding the steps of developing the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This study only reached the validation stage of experts who used 3 experts namely linguists, content/content experts and presentation/media experts. The validation instrument used was a questionnaire. This study uses descriptive data analysis with one variable, namely the quality of the prototype model of Community Reading Gardens (TBM) based on the Creative Economy. The results showed that: (1) Creative Economy-based Community Reading Garden (TBM) model by applying the Montessori method consisting of 2 centres namely literacy centres and creative economic centres, the objectives are considered feasible to be used by the community in increasing literacy activities and the creative economy activities of the community, (2) the level of usage of the Creative Economy-based Community Reading Park (TBM) model is considered very high for community use.


Keywords


Prototype; Model Taman Bacaan Masyarakat; Metode Montessori; Literasi; Ekonomi Kreatif

Full Text:

Fulltext PDF

References


Hatimah, I. (2007). Pembelajaran berwawasan kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Joesoef, S. (1992). Konsep dasar pendidikan luar sekolah. Bumi Aksara.

Kalida, M. (2012). Fundraising taman bacaan masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja dan Cakruk Publising.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen PAUDNI, Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat. 2013. Taman Bacaan Masyarakat Ruang Publik. Jakarta

Manurung, J., & Manurung, A. H. (2009). Ekonomi keuangan dan kebijakan moneter. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Widyawati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 1(1), 89-99.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v7i2.28652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats