Evaluasi program pendidikan kewirausahaan masyarakat

Arif Wijayanto, Program Studi Pendidikkan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Iis Prasetyo, Program Studi Pendidikkan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dampak jangka panjang (2) outcome (3) output (4) proses (5) input program PKM di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang merujuk pada model Logical Framework dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan evaluasi disusun secara sistematis meliputi evaluasi (a) dampak jangka panjang program, (b) outcome program, (c) output program, (d) proses program, dan (e) input program. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Adapun langkahnya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai evaluasi program PKM di Kabupaten Sleman adalah sebagai berikut (1) Dampak jangka panjang dicapai oleh LKP Silia dan LKP Macell EC; (2) Outcome dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macell EC; (3) Output dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macell EC; (4) Proses dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macel karena penggunaan media di LKP Macell EC kurang maksimal dan kurang mendukung proses pembelajaran; (5) Input yang sesuai dengan prasyarat program telah dicapai oleh LKP Silia, namun tidak berhasil dicapai oleh LKP Macell EC terutama pada prasyarat tutor dan media pembelajaran.

 

Evaluation of community entrepreneurship education program

 

Abstract

This study aims to analyze: (1) long-term impact (2) outcome (3) output (4) process (5) input PKM program in Sleman District. This research is an evaluation research that refers to Logical Framework model with qualitative research type. The evaluation approach is systematically composed including evaluation of (a) the program's long-term impact, (b) program outcomes, (c) program outputs, (d) program processes, and (e) program inputs. The research data was collected through observation, interview and documentation. Data analysis was done by interactive model. The steps are data collection, data reduction, data presentation, and verification and conclusion. The results of research on evaluation of PKM program in Sleman District are as follows (1) long term impact achieved by LKP Silia and LKP Macell EC; (2) Outcome achieved by LKP Silia, but not achieved by LKP Macell EC; (3) Output was achieved by LKP Silia, but not achieved by LKP Macell EC; (4) Process is achieved by LKP Silia, but not reached by LKP Macell EC; (5) Input is achieved or in accordance with the criteria of success by LKP Silia, but on LKP Macell EC.


Keywords


Pendidikan Luar Sekolah; Evaluasi; Kewirausahaan; evaluation; program; enterpreneurship; education community

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Alma, B. (2008). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Anwar, M. (2006). Pendidikan kecakapan hidup (life skills education). Bandung: Alfabeta.

Anyadike, N. (2012). Entrepreneurship development and employment generation in Nigeria: problems and prospect. Journal of Education and General Studies, 1(4), 88-98

Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta. (2016). Berita Resmi Statistik. Diunduh pada tanggal 5 September 2016, dari https://yogyakarta.bps.go.id/website/brs_ind/brsInd-20160504130754.pdf

Barau, D.A., & J.O. Olukosi. (2011). Logical framework analysis (LFA): An essential tool for designing agricultural project evaluation. Nigerian Journal of Basic and Applied Science. 19(2): 260-268.

Carsrud, A., & Brännback, M. (2011). Entrepreneurial motivations: what do we still need to know?. Journal of Small Business Management, 49(1), 9-26.

Cimatti, B. (2015). Definition, development, assessment of soft skills and their role for the quality of organizations and enterprises. International Journal for Quality Research. 10(1) 97–130.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008). Materi Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Dirjen Mapendamen

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 13 (1), 8-16.

Hall, M. (2014). Evaluation logics in the third sector. VOLUNTAS: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations, 25(2), 307-336.

Hussain, M.S. (2013). Challenges and emerging perspective in adult education delivery in Nigeria. European Scientific Journal. 9 (13), 25-31.

International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies. (2002). Guidelines for assessment in emergencies. Switzerland: ICRC dan International Federation of Red Cross and Red Croscent Societies.

Kartono, K. (2011). Patologi sosial: Gangguan-gangguan kejiwaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Kellogg, W. K. (2004). Using logic models to bring together planning, evaluation, and action: logic model development guide. Michigan: Kellog Foundation.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Petunjuk teknis program pendidikan kewirausahaan masyarakat. Jakarta; Kemendikbud

Khalifa, A.H. & Diaf, M. (2016). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention: the uae context. Polish Journal Of Management Studies. 14 (1), 119-128.

McDavid, J. C., Huse, I., & Hawthorn, L. R. (2018). Program evaluation and performance measurement: An introduction to practice. Sage Publications.

Kamil, M. (2010). Pendidikan non formal pengembangan melalui pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Pachauri, D., & Aruna Y. (2014). Importance of soft skills in teacher education programme. International Journal of Educational Research and Technology. 5 (1), 22-25.

Prasetyo, I. (2011). Pengembangan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi warga belajar program pendidikan kecakapan hidup. Jurnal Ilmiah Visi. 6 (1)

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003). Indonesia.

Ratnawulan, E. & Rusdiana (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Rohmat, R. (2016). Penguatan nilai-nilai kewirausahaan dan pendidikan karakter bagi mahasiswa PAI IAIN Surakarta. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 1(2), 179-192.

Rusman, R. (2012). Manajemen kurikulum. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sabri, S. (2013). Kewirausahaan (entrepreneurship) modal manusia dalam membangun perekonomian. Jurnal Ekonomika. 4 (7), 26-32

Septiarti, S. W., & Mulyadi, M. (2007). Memaknai kembali peningkatan profesionalisme tenaga pendidik pendidikan nonformal. Jurnal Ilmiah Visi, 2(2), 21-27.

Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Suprijanto, S. (2012). Pendidikan orang dewasa, Jakarta: Bumi Aksara

Suryono, Y., & Entoh, T. (2016). Inovasi pendidikan nonformal. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Suryono, Y., & Sumarno. (2012). Pembelajaran kewirausahaan masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Suharyadi, A. N., Purwanto, S. K., & Maman, F. (2007). Kewirausahaan (Membangun usaha sukses sejak usia muda). Jakarta: Salemba Empat.

Suparta, N., & Ramantha, I.W. (2010). Manajemen bisnis kecil dan kewirausahaan. Denpasar: Pustaka Nayottama.

Utomo, H. (2012). Kontribusi soft skill dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 3(5).

Wirawan. (2012). Evaluasi teori model standar aplikasi & profesi: Contoh aplikasi evaluasi program. Jakarta: Rajawali Pers.

Zidane, Y. J., Johansen, A., Hussein, B. A., & Andersen, B. (2016). PESTOL-Framework for «project evaluation on strategic, tactical and operational levels». International Journal of Information System and Project Management, 4(3), 25-41.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.14999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats