Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan
Yanti Shantini, Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan di PKBM Bina Cipta Ujungberung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian dipilih dilaksanakan di PKBM Bina Cipta Ujungberung Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) proses pembelajaran model pembelajaran mandiri pada program kecakapan hidup perempuan, meliputi kegiatan perencanaan mencakup kegiatan menentukan tujuan, menetukan instruktur, mengalokasikan waktu, merekrut peserta, menyusun kurikulum, menyusun materi, menentukan sumber belajar, menyiapkan saran dan prasarana, menyusun pembiayaan, kegiatan pelaksanaan mencakup kegiatan pengelolaan kelas dan peserta didik, pengelolaan instruktur, mennetukan metode dan media pembelajaran; kegiatan evaluasi mencakup evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses pembelajaran. (2) penerapan model pembelajaran mandiri pada program kecakapan hidup perempuan, mencakup kegiatan pemberian motivasi, penyampian materi, pengaplikasian materi dan refleksi hasil belajar (3) hasil penerapan model pembelajaran mandiri pada program kecakapan hidup perempuan meliputi pengetahuan, afektif dan psikomotorik.
Kata Kunci: model pembelajaran mandiri, pendidikan kecakapan hidup, PKBM.
IMPLEMENTATION OF SELF DIRECTED LEARNING MODEL LIFE SKILLS EDUCATION PROGRAM WOMEN IN BINA CIPTA UJUNGBERUNG CLC
Abstract
This study aims to assess about implementation of models of independent learning life skills education program in the CLC women Bina Cipta Ujungberung. This study used descriptive qualitative approach. The location of the research been conducted at CLC Bina Cipta Ujungberung Bandung, The results of this study are: (1 ) learning model of independent learning in life skills programs women, includes planning includes activities set goals, determine the instructor, allocate time, recruiting participants, develop curricula, organizing material, to determine the source of learning, to prepare suggestions and improvements, arrange financing, implementation activities include classroom management activities and learners, instructors management, menentukan methods and learning media; evaluation activities include evaluation of learning outcomes and learning process evaluation. (2) the application of self-learning model in female life skills programs, covers the activities of motivation, penyampaian material, the application of the material and reflection of learning outcomes (3) the results of the application of self-learning model in female life skills program include knowledge, affective and psychomotor.
Keywords: learning model, life skills education, CLCKeywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Anwar. (2004). Pendidikan kecakapan hidup (Life skills education). Bandung: Alfabeta
Arif, Z. (1996). Andragogi. Bandung: Angkasa.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Krec, D & Crutchfield R. (1983). Indvidual in society. Tokyo: Mc Grow Hill. Kogasusha. Ltd.
Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.
Sihombing, U. (2000). Pendidikan luar sekolah, kini dan massa depan: Konsep kiat dan pelaksanaan. Jakarta: PD. Mahkota
Sudjana, D. (2004). Pendidikan luar sekolah, wawasan, sejarah perkembangan, falsafah, teori pendukung, azas. Bandung : Falah Production.
Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tirtarahardja, U. & LaSulo, S.L. (2000). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.