Potensi gugus PAUD untuk pembinaan paska pelatihan pendidik anak usia dini dengan menggunakan lesson study
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari peluang bagi peningkatan kompetensi pendidik PAUD paska pelatihan dengan menggunakan lesson study melalui wadah pembinaan yang sudah ada, yaitu Gugus PAUD. Alasannya hanya 20,4 % tenaga pendidik alumni Diklat yang langsung mampu menerapkan hasil pelatihannya. Di sisi lain, banyak Gugus PAUD yang belum optimal dimanfaatkan sebagai wadah pembinaan pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan metoda kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan flow model . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gugus PAUD memiliki peluang untuk mengembangkan pembinaan Paska Pelatihan dengan menggunakan model pembinaan Lesson Study karena memiliki potensi yang relevan dengan penyelenggaraan lesson study, yaitu : terstruktur dan terorganisir, pembinaan terus menerus dari pihak yang berwenang, kebersamaan, pendekatan partisipatif, kemampuan bermitra dan penumbuhan komunitas belajar. Dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan factor pendorong dan penghambat pembinaan di Gugus PAUD.
Kata kunci : potensi gugus PAUD, lesson study , pembinaan pasca pelatihan
Potential Gugus PAUD for Coaching Post Training Early Childhood Educators by Using Lesson Study
Abstract
This study aims to explore opportunities for increased competence post training early childhood educators with using lesson study through the existing institution , namely Gugus PAUD. The reason only 20.4% of educators alumnus of training that is directly able to apply their training. On the other hand, many Gugus PAUD that has not been optimally utilized as a forum for coaching early childhood educators. This study uses qualitative methods with data collection techniques of interview, observation and documentation. Data were analyzed using flow model . The results showed that the Gugus PAUD has the opportunity to develop coaching after the training using coaching model Lesson Study as it has potential relevance for the implementation of lesson study, namely: structured and organized, coaching continuously from the authorities, togetherness, participatory approach, the ability to partner and growth of a learning community. In the execution should also pay attention to supporting factors and inhibiting factors in Gugus PAUD development.
Keywords: potential Gugus PAUD, lesson study, post-training coaching
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Asolihin. (2013). Sejarah Sekolah PAUD di Indonesia, online : http://paudanakbermainbelajar. blogspot. com/ 2013/04/sejarah-paud-di-indonesia.html. tanggal 20 Agustus 2014 .
Coombes, Frances ( 2011). Successful Self-motivation. Flash, London : Hodder Education.
Depdiknas, Depag, JICA. (2009). Panduan untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta : PELITA.
Buckley, Roger and Jim Caple.(2007). The theory and practice of training, revised 5th Edition. Cornwall : MPG Books Ltd, Bodmin.
Firman, Harry and Ida Kaniawati (Ed.). (2007). Monitoring & Evaluasi Program Lesson Study (Lesson Learned dari JICA-SISTTEMS). Bandung: UPI Press.
Heikkinen, Hannu L. T. et.all (editor), (2012), Peer-Group Mentoring for Teacher Development. Canada : Routledge
IMSTEP-JICA. (2007). Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung : UPI Press.
Kementerian Pendidikan Nasional .(2011). Pedoman Pembinaan Gugus Pendidikan Anak Usia Din. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini .
Kirkpatrick, Donald L. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels. California : Barret-Koehler Publisher, Inc.
Lewis, Catherine .(2004) Does lesson study have a future in the United States?. Online: http://www. sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm.
Mulyana, S, (2007), Lesson Study (Makalah), Bandung: LPMP-Jawa Barat
Muttaqin, F. (2011). Dampak Pendidikan dan Pelatihan Dasar Profesi Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD. Skripsi, Bandung : FKIP-UNINUS .
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD, Ditjen PAUDNI Kemdiknas.
Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 yang disempurnakan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun
tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementrerian Negara serta Susunan Organisasi , Tugas, dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara. Jakarta : Kemdiknas.
Riyati, Siti .(2007). Sistem Pembinaan Profesional Guru Pendidikan Ipa Melalui Lesson Study. Bandung : Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional. 2012. Bantuan Penyelenggaraan Rintisan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009, Menuju Pembangunan
Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025.Jakarta : Depdiknas.
Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010—2014. Jakarta : Depdiknas
Sudjana, D. (2000). Metoda & Teknik Pembelajaran Partisipati. Bandung : Falah Production
Sumarto, Hetifah, SJ.(2009). Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Jakarta : Yayasan Obor.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.10479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.