Sosialisasi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) UNY kepada Diaspora di Prefecture Yamaguchi, Jepang
Didik Nurhadiyanto,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Arief Purwo Mihardi,
Persatuan Pelajar Indonesia, Japan Nur Aeni Ariyanti,
(Sinta ID:5990329, Scopus ID:56662245600); Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Evy Yulianti,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pendidikan di Indonesia merupakan hak bagi semua anak bangsa, baik yang ada di tanah Indonesia maupun yang sedang berjuang di negara lain. Para pejuang devisa selain bekerja mencari uang mereka juga secara tidak langsung belajar skill dan pengetahuan baru. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengikuti program rekognisi pembelajaran lampau (RPL). RPL adalah program pemerintah dengan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh penduduknya mendapatkan pengakuan formal yang berkaitan dengan keahliannya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipercaya menyelenggarakan program tersebut. Untuk menyebarluaskan informasi mengenai program RPL kepada diaspora Indonesia, perlu dilakukan program sosialisasi program RPL tersebut terutama pada diaspora Indonesia di Préfecture Yamaguhi. Kegiatan ini bekerjasama dengan PPI Yamaguchi dan dilaksanakan secara hybrid (offline dan online). Terdapat 79 peserta yang hadir secara hybrid, namun hanya 22 peserta yang mengisi angket kepuasan. Secara umum peserta puas dengan kegiatan ini dan tertarik untuk dapat mengikuti program RPL. Sebagian kecil merasa bingung dan masih akan berfikir untuk mengikuti program ini. Kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan tidak hanya di Jepang namun di beberapa negara lainnya untuk menngkatkan jumlah mahasiswa RPL di UNY.
Pranasari, A. T., & Iskandar, K. (2022). ‘Stay away from home’: The role of social networks for the adaptation process of Indonesian trainees in Japan. Journal of Social Studies (JSS), 18(2), 173-186.
Nasir, R. (2022). Rekognisi Pembelajaran Lampau di Perguruan Tinggi: Kajian Penerapan Permendikbudristek RI Nomor 41 Tahun 2021. Buletin Edukasi Indonesia, 1(01), 9-12.
Suastiyanti, D. (2022). Keterjangkauan Dan Keterjaminan Akses Memperoleh Pendidikan Tinggi Melalui Program Akademik Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Institut Teknologi Indonesia.