PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR SISWA SMP DI DESA BORADHO KECAMATAN BAJAWA

Melania Krisanta Anu, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti, Indonesia
Konstantinus Dua Dhiu, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti, Indonesia
Maria Yuliana Kua, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti, Indonesia

Abstract


Pentingnya Pendampingan belajar ini adalah untuk memfasilitasi anak di kalangan SMP dalam mengatasi masalah belajar anak, memberikan dorongan, motivasi, dukungan, dan memfasilitasi anak agar semangat dalam belajar. Masalah yang terjadi di sekolah ini adalah kurangnya pendampingan kegiatan belajar sehingga banyak siswa dan siswi yang belum bisa membaca dan menulis. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu agar siswa memiliki motivasi, semangat dalam belajar serta memperoleh pemahaman pengetahuan di bidang membaca dan menulis. Dalam kegiatan pengabdian kali ini mahasiswa berperan untuk meningkatkan pendidikan dengan melakukan bimbingan belajar bagi siswa SMP di Desa Boradho Kecamatan Bajawa. Program bimbingan belajar ini berjalan selama empat bulan yang diikuti oleh siswa siswi SMPS Santo Agustinus. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pendampingan belajar dan subjek dari kegiatan pendapingan ini adalah siswa dan siswi SMP.


Keywords


Pendampingan Kelompok Belajar bagi siswa siswi SMP

Full Text:

PDF

References


Cahaya, C. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 3(2), 1–20.

Handayani, T., Khasanah, H. N., Yosintha, R., Tidar, U., Artikel, H., Tegalarum, D., & Tegalarum, D. (2020). PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR TERDAMPAK COVID-19 Peran Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 107–115.

Harianja, S. I., Kurnia, L., & Trimayani, R. (2023). (2023). ). UPAYA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 066/IX SENGETI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.

Idzhar, A. (n.d.). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Ahmad Idzhar SMK Negeri 1 Bantaeng.

Murtadlo, M. (2021). Menurun Indeks Karakter Siswa: Refleksi Pembelajaran masa Pandemi.

Nofatin. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP.

Rosaria, D., Novika, H. (n.d.). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik.

Sari, Dewi Permata & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman 3 Tanjung Raja. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88.

Supriyoko, Nisa, A. F., Uktolseja, N. F., & Prasetyo, Z. K. (2022). The nature-based school curriculum: A solution to learning-teaching that promotes students’ freedom. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 41(3).

Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.

Uprihatin, S. (2015). . Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 77–80.

Wahyu Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolag Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i2.76297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo