Pelatihan Pengambangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Blended Learning Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz dan Mentimeter bagi Guru SMA di Kota Malang

Indah Nur Pramesti, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Endang Ciptawati, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Hadi Nur, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sumari Sumari, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Farrel Hafiz Aldwinarta, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Putri Nanda Fauziah, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Tsalis Jauza Nareswari, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


E-learning yang dipadukan dengan pembelajaran konvensional merupakan definisi blended learning dan merupakan salah satu metode pembelajaran yang sering diterapkan pasca pandemi Covid-19. Blended learning disertai dengan media pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan layanan ini bertujuan untuk menarik guru agar terampil dalam menggunakan Quizizz dan Mentimeter, platform survei online dan presentasi interaktif. Hasil pelatihan menunjukkan respon positif dari peserta terhadap media pembelajaran yang direkomendasikan. Sebanyak 63% peserta menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat, 37% peserta menyatakan metode blended learning sangat efektif dilaksanakan pasca pandemi Covid-19, dan 56% peserta menyatakan penggunaan aplikasi media pembelajaran online Quizizz dan Mentimeter membantu dalam pelaksanaan blended learning.


Keywords


Media instruksional; blended learning; Quizizz; Mentimeter

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339-2347.

Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31-36.

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems. The Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs, 1, 3-21.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hrastinski, S. (2019). What do We Mean by Blended Learning?. TechTrends, 63(5), 564-569.

Khoiroh, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97-110.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Kurniawan, M. T. A. (2020). Artikel Review: Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1).

Mahmashony, S. (2018). Optimalisasi Pengajaran Aqidah dengan Google Classroom dan Interactive Mentimeter pada Prodi Farmasi FMIPA UII. Journal of Information and Computer Technology Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.21070/jicte.v2i1.600.

Muhali, M., Muliadi, A., & Sabrun, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kimia Sistem Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 161-174.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180-187.

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G.,

Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108-121.

Patnistik, E. (2022, March 10). Kemendikbud Izinkan Sekolah Tatap Muka Kembali 100 Persen, Ini Syaratnya. KOMPAS.com. Retrieved November 6, 2022, from https://nasional.kompas.com/read/2022/03/10/15481191/kemendikbud-izinkan-sekolah-tatap-muka-kembali-100-persen-ini-syaratnya

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pascapandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49-56.

Rosmita, R., Suratno, S., & Nasori, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Safitri, Ratih Eka. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Magetan. Skripsi. Ponorogo: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2021). Efektivitas Video Panduan Menggunakan Bahan Kimia untuk Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 1-8.

Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian Literatur: Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93-102.

VOA - Voice of America English News. (2020, March 7). UNESCO: 290 million students stay home due to coronavirus. VOA. Retrieved November 6, 2022, from https://learningenglish.voanews.com/a/unesco-290-million-students-stay-home-due-to-coronavirus/5317148.html

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23.

Widiastuti, Sussi. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbasis Self Regulated Learning untuk Meraih Kebermaknaan dalam Belajar. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) 2021. Surabaya: 23 Oktober 2021. Hal 206.

Yuhdhi, M., Prasiska, E., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring selama Pandemik Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 5(1), 45-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo