Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Foto untuk Guru Biologi SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta

Yuni Wibowo, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia
Agung Wijaya Subiantoro, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia
Rio Christy Handziko, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia

Abstract


Media belajar merupakan instrumen untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Media belajar yang banyak digunakan guru biologi antara lain gambar dan foto. Disisi lain saat ini kemajuan teknologi memungkinkan individu memiliki alat fotografi yang dapat digunakan untuk memproduksi foto yang baik. Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam memproduksi media pembelajaran berupa foto. Kegiatan berupa pelatihan/workshop fotografi biologi. Kegiatan dibagi menjadi 3 acara yaitu: 1) penyampaian materi konsep dasar fotografi biologi dan teknik-teknik pengambilan foto biologi, 2) penugasan pengambilan/hunting foto objek biologi dilingkungan sekitar, dan 3) pengemasan foto objek biologi dalam media pembelajaran. Kegiatan workshop diikuti oleh 13 guru biologi dari MGMP DIY yang berasal dari Kabupaten/Kota di DIY. Tampak peserta workshop telah memahami konsep dasar fotografi biologi. Peserta telah memiliki sensitivitas terhadap objek dan fenomena biologi dilingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: fotografi biologi, objek biologi, media pembelajaran.


Keywords


fotografi biologi, objek biologi, media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377

Puspitasari, A., & Handziko, R. C. (2018). Pengembangan LKPD mobile learning guided discovery untuk meningkatkan penguasaan kompetensi dasar ekosistem Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.17033

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo