Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Foto untuk Guru Biologi SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta
Yuni Wibowo,
Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia Agung Wijaya Subiantoro,
Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia Rio Christy Handziko,
Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri, Indonesia
Media belajar merupakan instrumen untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Media belajar yang banyak digunakan guru biologi antara lain gambar dan foto. Disisi lain saat ini kemajuan teknologi memungkinkan individu memiliki alat fotografi yang dapat digunakan untuk memproduksi foto yang baik. Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam memproduksi media pembelajaran berupa foto. Kegiatan berupa pelatihan/workshop fotografi biologi. Kegiatan dibagi menjadi 3 acara yaitu: 1) penyampaian materi konsep dasar fotografi biologi dan teknik-teknik pengambilan foto biologi, 2) penugasan pengambilan/hunting foto objek biologi dilingkungan sekitar, dan 3) pengemasan foto objek biologi dalam media pembelajaran. Kegiatan workshop diikuti oleh 13 guru biologi dari MGMP DIY yang berasal dari Kabupaten/Kota di DIY. Tampak peserta workshop telah memahami konsep dasar fotografi biologi. Peserta telah memiliki sensitivitas terhadap objek dan fenomena biologi dilingkungan sekitar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: fotografi biologi, objek biologi, media pembelajaran.
Keywords
fotografi biologi, objek biologi, media pembelajaran.
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Puspitasari, A., & Handziko, R. C. (2018). Pengembangan LKPD mobile learning guided discovery untuk meningkatkan penguasaan kompetensi dasar ekosistem Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.17033
Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786