Pelatihan Penggunaan SPSS untuk Menganalisis Instrumen Tes dan Data Hasil Penelitian Bagi Guru dan Calon Guru Matematika

Widiawati Rasikin, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
Indah Widyaningrum, STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia

Abstract


Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis instrumen tes dan data hasil penelitian menggunakan SPSS. Metode yang digunakan berupa pelatihan atau workshop dengan memberikan materi dan praktek. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini ada guru dan calon guru matematika di Kota Pagaralam dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang. Hasil dari kegiatan PkM ini ditunjukkan dengan: 1) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis instrumen tes menggunakan SPSS; 2) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dan calon guru matematika dalam menganalisis data hasil penelitian menggunakan SPSS. Dengan adanya kegiatan ini guru dan calon guru matematika merasakan bahwa pentingnya mempunyai keterampilan dalam menggunakan SPSS yang memudahkan dalam pengolahan data.


Keywords


Pelatihan, SPSS, Instrumen Tes

Full Text:

PDF

References


Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Ismail, R. & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa dan Interprestasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 148-155.

Kemendikbud. (2014). Modul Pembelajaran SPSS (Statistical Package for The Social Sciences). Jakarta: Kemendikbud.

Sa’idah, N., Yulistianti, H.D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41-54.

Supandi & Farikhah, L. (2016). Analisis Butir Soal Matematika pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JITMat), 1(1), 71-78.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reliabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran matematika. AL-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203-217.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo