SOSIALISASI BLENDED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Yanty Maria Rosmauli Marbun, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
Tarida Alfina Simanjuntak, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
Yanti Arasi Sidabutar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Monalisa Frince Sianturi, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Juni Agus Simaremare, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Marlina Agkris Tambunan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Yoel Purba, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Srinatalia Silaen, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Eva Pasaribu, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Leonita Maria Manihuruk, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru tentang penggunaan Blended Learning dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Dalam hal ini Blended Learning yang dimaksud adalah aplikasi Zoom sebagai media tatap muka virtual dan aplikasi Google Classroom sebagai sarana media pembelajaran tekstual. Kedua aplikasi tersebut dapat bermanfaat secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran secara daring. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah mencakup ceramah variatif disertai dengan praktek langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa kecakapan guru-guru dalam menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom pada kegiatan pembelajarannya. Guru-guru SD Negeri 091316 Pematang Raya sebelumnya belum menggunakan sistem Blended Learning dalam pembelajaran selama masa pandemi ini, tetapi setelah adanya pelatihan pembelajaran daring,  para guru merasa cukup puas dan dipermudah dalam proses pembelajaran online. Antusiasme guru-guru menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom sangat mendukung proses pembelajaran daring yang efektif dan variatif.


Keywords


Blended Learning, Zoom, Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Aditya, M.Y. 2018. Penerapan Google Classroom pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Inggris (e-home dan fun learning) Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Jurnal Elpeduaem Vol.4 no.4, Desember 2018.

Martini, E. & Lestari, A. R. E. 2020. Sosialisasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 03 No. 04, Oktober-Desember 2020 hal. 326-334.

Permata, A. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika danRiset Ilmiah).

Sjukur, S.B. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 368-378.

Wicaksono, V.D., & Rachmadyanti, P. 2016. Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar.Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.41298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo