Peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan media pembelajaran video di SMA PGRI I kasihan yogyakarta

hanifah kharimatull hajj, , Indonesia
puji handayani putri, , Indonesia
ari retno purwanti, , Indonesia

Abstract


Media pembelajaran yang menarik mempengaruhi minat belajar dan tingkat pemahaman siswa. Kebosanan dalam belajar daring selama pandemi covid-19 akan mempengaruhi nilai akhir siswa saat dilaksanakan ujian sekolah. Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menarik berupa video masih kurang. Peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan media pembelajaran video pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar dan pemahaman siswa. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMA PGRI 1 Kasihan dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran video menggunakan Macromedia flash Profesional 8. Transportasi air dalam tanaman menjadi tema video pembelajaran yang dibuat. Pelatihan dilakukan sebanyak empat kali dengan penjelasan secara bertahap mulai dari membuat objek hingga upload video ke channel YouTube untuk akses siswa. Pelatihan diikuti oleh 17 Guru matapelajaran IPA dan IPS. Guru memiliki keinginan dalam pembuatan media pembelajaran menarik berupa video. Sebanyak 2 dari 17 Guru berhasil menyelesaikan pembuatan video hingga tahap pengisian suara.


Keywords


Media pembelajaran video, Transportasi air dalam tanaman, Daring, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34-46.

Firda, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Kultur Jaringan Tumbuhan. Bio-Lectura, 6(1).

Hapsari, A. T., Darmanti, S., & Hastuti, E. D. (2018). Pertumbuhan Batang, Akar dan Daun Gulma Katumpangan (Pilea microphylla (L.) Liebm.). Buletin Anatomi dan Fisiologi (Bulletin of Anatomy and Physiology), 3(1), 79-84.

Kusumaningrum, R. (2017). Peranan xylem dan floem dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. In Di dalam: Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Lestari Rena. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Pembelahan Sel Dengan Menggunakan Macromedia Flash Untuk Kelas Xii Sma. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol.3 No.2 Desember 2014

Rahayu, S. K. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Ratna, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Dan Miskonsepsi Siswa Pada Pokok Bahasan Kultur Jaringan Tumbuhan Di Kelas Xi Ipa Sma As-Shofa Pekanbaru Ta 2018/2019. Bio-Lectura, 7(1), 89-102.

Setiabudi, N.W. (2005). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Fisika Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang

Sumantri, H., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Dan Miskonsepsi Siswa Pada Pokok Bahasan Kultur Jaringan Tumbuhan Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 13 Pekanbaru. Bio-Lectura, 7(2), 42-54.

Waryanto Nur Hadi, dkk. 2017. Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik Interaktif Training of Interactive Electronic Book. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2017, 1 (1), 33-40 http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp diaks




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.40963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo