Peningkatan Minat dan Kemampuan Menghitung Siswa Melalui Game Matematika

Maisyatul azkiyah, universitas Islam madura, Indonesia

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat serta kemampuan menghitung siswa Kelas VII SMP Darul Falah Pegantenan melalui implementasi game matematika. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah  Participatory Action Research (PAR) berupa: 1) pemberian materi matematika serta pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa; 2) pengaplikasian game matematika sebagai media meningkatkan minat dan kemampuan merhitung siswa; dan 3) penyampaian ulang materi serta pemberian posttest untuk mengetahui hasil dari pengimplementasian game matematika. Minat siswa terhadap matematika sebelum pengimplementasian game matematika adalah 25% dan setelah pengaplikasian menjadi 87,5%. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, game matematika mampu meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika serta meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang dapat dilihat dari nilai hasil pretest dan posttest.

Keywords


Minat Siswa, Kemampuan Menghitung, Game Matematika, PAR.

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 325–336.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 129–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860

Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Telematika, 10(2), 1-11–11. https://doi.org/10.35671/telematika.v10i2.528

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Syafik, A. (2006). Permainan Matematika Sebagai Metode Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. LIMIT - Pendidikan Matematika, 0(02), Article 02. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/limit/article/view/209

Utoyo, M. I. (2019). Peningkatan Kemampuan Matematika Peserta Didik SMP Melalui Pembentukan Klinik Matematika di SMPN 7 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(2), 75–79. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21663




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.36145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo