Penanganan Limbah Padat Produksi Kerupuk Rambak di Brontokan, Danurejo, Mertoyudan, Magelang

Maula Haqul Dafa, Universitas Negeri Ygogyakarta, Indonesia
Nada I. Solihah, Universitas Negeri Ygogyakarta, Indonesia
Yusuf Prabowo, Universitas Negeri Ygogyakarta, Indonesia
Rio Christy Handziko, Universitas Negeri Ygogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi pengolahan limbah padat yang dihasilkan dari produksi kerupuk rambak di Desa Brontokan, Kelurahan Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang. Penelitian yang dilakukan selama hampir tiga bulan  mulai dari Februari hingga April 2019 ini juga dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Ilmu Lingkungan. Penelitian ini dilangsungkan di salah satu rumah produksi milik Pak Naim dan menyelidiki baik limbah cair maupun limbah padat, tetapi lebih terkonsentrasi pada limbah padat yang dihasilkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu di dalam pabrik mencapai 310C dengan intensitas cahaya 949 x 100 lux pada saat penjemuran kerupuk rambak. Flora yang berada di dalam lingkungan pabrik antara lain lumut, gulma, pohon pepaya, tanaman cabai, dan tanaman pandan, sedangkan fauna yang berada di dalam lingkungan pabrik antara lain capung, ayam, lalat, laba-laba, dan hewan air yang tidak teridentifikasi. Sementara itu, suhu di luar lingkungan pabrik sekitar 290C dengan intensitas cahaya 0.32 x 100 lux dan ditemukan banyak tanaman seperti pohon jambu, pisang, mangga, rambutan, dan hewan seperti ayam, laba-laba, lalat, dan lain-lain. Pemanfaatan limbah padat dari pabrik adalah sebagai pelet untuk pakan ikan lele karena masih mengandung nutrisi yang bila dicampur dengan beberapa bahan lain akan menjadi pakan yang memadai untuk tumbuh kembang ikan lele. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan informasi pada masyarakat yang ini mencari alternatif pakan ikan lele sekaligus mengurangi limbah padat dari produksi kerupuk rambak itu sendiri.


Keywords


rambak, limbah, kerupuk, pelet

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, O. (2017). Perancangan pengering kerupuk rambak dengan menggunakan, (February), 0–10. https://doi.org/10.24853/jisi.4.1.1-10

Adrianto, R. (2013). Penyerapan tenaga kerja pada industri kecil (Studi Kasus Pada Industri Krupuk Rambak di Kelurahan Bangsal, Kecamatan Bangsal , Kabupaten Mojokerto ).

Amertaningtyas, D. (2011). Pengolahan kerupuk “ Rambak ” kulit di Indonesia, 21(3), 18–29.

Anggraeni, D. N., & Rahmiati. (2016). Pemanfaatan Ampas Tahu Sebagai Pakan Ikan Lele (Clarias batrachus) Organik, 4(1), 53–57.

Habiantara, B., Kusmiati, A., & Kuntadi, E. B. (2010). Sosial ekonomi pertanian ketersediaan bahan baku dan rantai pasokan (supply chain) kerupuk rambak sapi di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, x, 1–9.

Habibi, M. B. Y. (2015). Teknik Produksi Pakan Ikan Lele (Claris sp.) di CV. Mentari Nusantara Desa Batokan Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Hayu, M. K. M., & Kristiastuti, D. (2015). Pengaruh Proporsi Tapioka dan Puree Jengkol (Pithecellobium jiringa) Terhadap Mutu Organoleptik Kerupuk, 4, 122–128.

Kusumanto, I., & Hidayat, M. I. (2018). Analisis Tekno Ekonomi Pembuatan Pelet Ikan dari Sampah Organik di Kota Pekanbaru, 15(2), 121–130.

Kusumastuti, P. (2017). Pengaruh Variasi Konsentrasi Pelet Tepung Bulu Ayam Sebagai Sumber Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus).

Muliantara, A. (2012). Penentuan Komposisi Bahan Pakan Ikan Lele yang Optimal dengan Menggunakan Metode Two-Subtractive Clustering. Jurnal Ilmu Komputer, 5(2).

Sulthoni, M. A. (2018). Identifikasi Kerupuk Rambak Sapi, Kerbau, dan Babi.

Widati, A. S., Mustakim, & Indriana, S. (2007). Pengaruh Lama Pengapuran Terhadap Kadar Air, Kadar Protein, Kadar Kalsium, Daya Kembang dan Mutu Organoleptik Kerupuk Rambak Kulit Sapi, 2(1), 47–56.

Widyawati, C. (2013). Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kerupuk Rambak di Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali.

Yahya, W. (2014). Tingkat Efisiensi Penggunaan Alat Pemotong Kerupuk Rambak Sistem Dobel Pisau dengan Memanfaatkan Limbah Fiber di UKM Kerupuk Rambak. AUTINDO Politeknik Indinusa Surakarta, 1.

Yuhanna, W. L., & Yulistiana, Y. G. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Wakah , Kecamatan Ngrambe melalui Pembuatan Pakan Lele Alternatif dari Ampas Tahu dan Probiotik. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(November), 108–114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo