Pengembangan desa wisata edukasi berbasis implementasi kompos buatan di desa Puyung, Jonggat, Lombok Tengah

sri puji astuti, Mataram University, Indonesia

Abstract


Kegiatan PPM Universitas Mataram dengan sasaran siswa-siswi sekolah di pondok pesantren yayasan GMC, petani dan buruh tani, pengrajin tahu dan tempe, pemuda-pemudi di lingkungan Desa Puyung telah selesai dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong siswa dan masyarakat untuk terus memproduksi kompos berbahan dasar abu sekam dan terus memanfaatkannya dalam bidang pertanian, membantu masyarakat setempat dalam mengembangkan Desa Puyung sebagai kawasan wisata edukasi, dengan beberapa centra obyek edukasi diantaranya: obyek pembuatan tahu dan tempe  yang memanfaatkan ampas gabah sebagai bahan bakar, obyek pengolahan sampah abu sekam hasil pembakaran ampas gabah dibuat warga menjadi kompos buatan, obyek lahan percobaan sekolah dan lahan pertanian sebagai tempat aplikasi kompos buatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan pengembangan yang melibatkan siswa dan masyarakat Desa Puyung dengan menerapkan Applied Group Discuss (AGD) berdasarkan potensi pengembangannya obyek wisata edukasi. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik teknis tour guide di lokasi lahan percobaan sekolah. Dilakukan evalusi dengan metode observasi dan tanya jawab terhadap ketercapaian kegiatan tersebut. Kesimpulan dari evaluasi kegiatan ini, lebih dari 85% peserta memahami materi yang disampaikan, sebanyak 65% peserta mampu mempraktikan kembali simulasi dan demonstrasi yang diberikan, sebanyak 90% peserta termotivasi untuk mewujudkan desa wisata edukasi di Desa Puyung.

Keywords


wisata edukasi, implementasi kompos buatan, Desa Puyung

Full Text:

PDF

References


Astuti, SP. Faturrahman. Gunawan, ER. Novida, S. 2015. Aplikasi Teknik Mikrobial Dalam Pembuatan Kompos Menggunakan Limbah Padat Organik Jerami Padi Dengan Stimulator Limbah Leri. Jurnal Abdi Insani Unram. 2 (2). 8-13.

Astuti, SP. dan Kurnianingsih, R. 2019. Pembuatan Kompos Padat Dari Limbah Abu Sekam yang Ramah Lingkungan di Desa Puyung. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA UNY. 5 (1). 27-33.

Khalik W. 2014. Kajian Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan di Kawasan Pariwisata Kuta Lombok. Jurnal Master pariwisata Universitas Udayana. 1 (1). 23-42.

Subarkah, AR. 2017. Strategi City Branding Nusa Tenggara Barat Menjadikan Lombok sebagai Destinasi Pariwisata Halal. Jurnal Political Science. UMM.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.24719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo