Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium Fisika di SMP Pusaka Rawaselang

Taat Guswantoro, Universitas Kristen Indonesia, Indonesia
Manogari Sianturi,
Faradiba Faradiba,
Samuel Gideon,
Septina Severina Lumbantobing,
Nya Daniaty Malau,
Sumiati Sumiati,
Seprianus Seprianus,

Abstract


Laboratorium merupakan sebuah sarana yang mendukung pembelajaran khususnya IPA, namun beberapa sekolah yang berada di daerah belum memiliki peralatan laboratorium yang memadahi, salah satunya adalah SMP Pusaka yang berada kecamatan Ciranjang. Pengukuran adalah salah satu materi dari pelajaran IPA, dalam melakukan pengukuran diperlukan alat ukur. Alat ukur yang sering diujikan di ujian nasional adalah jangka sorong, micrometer skrup dan multitester, tetapi alat ukur ini tidak tersedia di SMP Pusaka. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Kristen Indonesia melakukan pengabdian kepada masyarakat ke SMP Pusaka dengan melakukan kegiatan pelatihan penggunaan alat laboratorium berupa alat ukur jangka sorong, mikrometer skrup dan multitester serta menyumbangkan alat-alat tersebut. Pelatihan dilaksanakan kepada siswa kelas 7 SMP sejumlah 29 siswa, setelah pemaparan tim melakukan pendampingan kepada siswa untuk melakukan pengukuran dan mengisi lembar kerja yang telah disediakan, kemudian diberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman siswa dan kesan kepada instruktur. Dari hasil kuesioner yang dijawab oleh siswa menyatakan bahwa materi pelatihan mudah dipahami, diaplikasikan dan menambah pengetahuan, secara keseluruhan materi yang diajarkan mendapatkan respon baik dengan presentase rata-rata 86,6 %. Menurut kesan para siswa pelatih dari Pendidikan Fisika UKI memberikan perhatian, pendampingan dan penyajian materi yang baik dengan persentase rata-rata 85,4 %.


Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Azizah, Rismatul., Lia Yuliati dan Eny Latifah. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol. 5 No. 2 pp 44 -50.

Susilo dan Gurfon Amirullah. 2018. Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 pp 127 – 137.

Tipler, Paul A. 2001. Fisika untuk Sains dan Teknik. Erlangga : Jakarta

Murdoko, Eddy., Isa Akhlis dan Suharto Linuwih. 2017. Pengembangan Media Ajar Alat Ukur Panjang Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong untuk Siswa SMA dengan Perangkat Lunak Construct 2. Unnes Physics Education Journal (UPEJ) Vol. 6 No. 2 pp 73 – 79.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.22410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo