Pelatihan Penggunaan Alat KIT IPA SMP bagi Guru-Guru IPA SMP se-Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
Laila Katriani, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia
Rida Siti NM, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia
Ariswan Ariswan, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kegiatan PPM ini bertujuan untuk mengupayakan agar para guru IPA dapat memaksimalkan pemanfaatan KIT IPA dalam pembelajaran IPA. Selain itu, kegiatan PPM ini juga dapat memberikan bekal bagi para guru IPA tentang langkah-langkah konkret pemanfaatan KIT IPA dalam pembelajaran IPA. Pemecahan masalah tersebut dapat dilakukan dengan pelatihan yang meliputi beberapa langkah kegiatan. Langkah pertama melakukan identifikasi jenis-jenis peralatan KIT IPA yang dimiliki di SMP. Langkah kedua menganalisis ketersediaan peralatan KIT IPA SMP yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang digunakan. Langkah ketiga melakukan pelatihan penggunaan peralatan KIT IPA SMP. Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan PPM tersebut adalah para guru IPA SMP dapat memaksimalkan pemanfaatn KIT IPA guna mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA SMP. Selain itu para guru IPA SMP memperoleh bekal tentang langkah-langkah konkret pemanfaatan KIT IPA dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci: kurikulum 2013, implementasi, kegiatan belajar mengajar (KBM)
Training on the Use of SMP KIT Tool for Junior High School Teachers
Kalasan District of Sleman Regency to Support Teaching and Learning Activities (KBM) in Implementing Curriculum 2013
Abstract
This PPM activity aims to strive for IPA teachers to maximize the utilization of IPA KIT in science learning. In addition, this PPM activity can also provide stock for science teachers about concrete steps of IPA KIT utilization in science learning. Such problem solving can be done with training that includes several steps of activities. The first step to identify the types of KIT equipment IPA owned in SMP. The second step analyzes the availability of KIT IPA SMP equipment in accordance with the Curriculum 2013 used. The third step is to train the use of KIT IPA SMP equipment. The conclusions that can be drawn from these PPM activities are the teachers of IPA SMP can maximize the utilization of IPA KIT to implement the 2013 curriculum in science lesson of SMP. In addition, SMP science teachers get supplies about concrete steps to utilize KIT IPA in science learning.
Keywords: curriculum 2013, implementation, teaching and learning activities (KBM)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anna Poedjiadi. (2005). Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung : yayasan Cendrawasih
Hewitt, Paul G & etc. (2007).Conceptual Integrated Science. Pearson Education: USA
Insih wilujeng.(2010). Kompetensi IPA Terintegrasi melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Nomor. ISSN: 0216-1370.
Purwanti Widhy Hastuti. (2013). Langkah Pengembangan Pembelajaran IPA pada Implementasi Kurikulum 2013. Disampaikan dalam Pelatihan Diklat penyusunan worksheets integrated science process skils bagi guru IPA SMP kabupaten Sleman menyongong implementasi kurikulum 2013 24 dan 31 Agustus 2013
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i2.21917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: