Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru-Guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta

Edi Istiyono, Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY, Indonesia
suyoso suyoso, Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY, Indonesia
Nur Kadarisman, Jurusan Pendidikan Fisika, FMIPA, UNY, Indonesia

Abstract


Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini bertujuan: (a) Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan menjadi lebih terampil dalam menyusun instrumen penilaian keterampilan dengan pengamatan dan tes, dan (b) Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan lebih terampil dalam menyususn pedoman penskoran/rubrik penilaian keterampilan. PPM ini berupa pelatihan yang dilakukan dalam bentuk klasikal. Metode yang diterapkan adalah ceramah, diskusi-informasi, dan workshop. Langkah-langkah Kegiatan: (a) Orientasi kondisi kelompok sasaran,  (b) Orientasi untuk menentukan kebutuhan, (c) Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan, (d) Pelaksanaan kegiatan, (e) Observasi/Refleksi, (f) Evaluasi, dan  (g) Penyusunan. Khalayak Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah semua guru-guru Fisika di Yogyakarta. Berdasarkan pengamatan pelaksanaan PPM dapat disimpulkan: (a) Peserta pelatihan guru-guru Fisika SMA di DIY meningkat keterampilan dalam memilih dan menyusun instrumen penilaian keterampilan dengan pengamatan dan tes, dan (b) Peserta pelatihan guru-guru Fisika SMA di DIY meningkat keterampilan dalam menyusun pedoman penskoran.


Keywords


pelatihan, instrumen penilaian keterampilan, fisika

Full Text:

PDF

References


Anna Poedjiadi. (2005). Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung: yayasan Cendrawasih

BSNP. (2013). Kompetensi Inti dan kompetensi dasar mata pelajaran Fisika untuk SMA dan MA. Jakarta: BSNP-Depdiknas.

Edi Istiyono, Mardapi, D, & Suparno (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 18, Nomor 1, 2014, Halaman 1-12. ISSN 1410-4725 (Cetak) dan ISSN 2338-061 (Online).

Hewitt, P.G. (2007).Conceptual Integrated Science. Pearson Education: USA

Lorber, MZ. & Pierce, W.D. (1990). Objectives, Methods and Evaluation for Secondary Teaching (Third Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo