PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU IPA SD UPTD PIYUNGAN MENINGKATKAN KREATIVITAS BESERTA CARA PENGUKURANNYA

Bambang Subali, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta, Indonesia
Yuni Wibowo, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta, Indonesia
Atik Kurniawati, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan PPM ini bertujuan melatih guru IPA SD UPTD Piyungan mampu mengembangkan RPP, kisi-kisi dan item untuk meningkatkan kreativitas peseerta didik.

Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan praktik meliputi (a)  penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penggunaan LKPD serta item pengukurnya. Pertemuan kegiatan pendampingan dengan menyajikan hasil pembelajaran dan hasil pengukurannya. Kegiatan diikuti 22 guru kelas IV atas kesepakatan pengabdi dan pengawas.

Hasil yang dicapai pada pertemuan pertama hanya sebagian kecil guru berhasil disusun RPP, LKS,  dan kisi-kisi serta item namun setelah diberi bimbingan, para peserta sudah tahu kesalahannya dan bersedia memperbaiki. Pada pertemuan kedua, ada 2 guru yang tidak hadir. Guru melaporkan hasil pengukuran kreativitas dan cara penskorannya. Untuk penulisan soal dan cara penskoran, masih ada 1 dari 20 guru yang belum melaksanakan dengan benar.

 

Kata Kunci: kreativitas, keterampilan proses sains, aspek kehidupan, konstruksi item


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo