PELATIHAN KIT ALAT FLUIDA BERGERAK UNTUK GURU SMA/MA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suyoso Suyoso, jurusan pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Subroto Subroto, jurusan pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia
Edi Istiyono, jurusan pendidikan Fisika FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan utama dari kegiatan PPM ini adalah 1) untuk  meningkatkan motivasi guru dalam menggunakan alat-alat baru sebagai upaya menambah tingkat keluasan pemahaman konsep Fisika khususnya Alat Kit Fluida Bergerak,2) untuk menjalin kerjasama yang sinergi antara dosen, dengan guru fisika di SMA/MA.

Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di Laboratorium Fisika Dasar, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta pelatihan adalah Guru Fiska Madrasah Aliah di Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 25 orang. Metode pelatihan adalah penyampaian materi secara klasikal dilanjutkan dengan diskusi, kemudian kegiatan eksperimen secara kelompok dan pembuatan laporan secara mandiri.

Hasil kegiatan pelatihan adalah guru sangat senang dan sungguh-sungguh  dalam melakukan eksperimen, hal ini menunjukan bahwa  motivasi yang tinggi pada guru untuk menambah keluasan pemahaman konsep Fisika khususnya Fluida bergerak. 

 

Kata kunci: Kit Alat Eksperimen, Fluida Bergerak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo