UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PROGRAM BR3T (BERSIH RAPI TERTIB TERATUR TERPELIHARA)

Lilim Halimah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak

Ketidakdisiplinan siswa SD terlihat bahwa masih terdapat siswa yang tidak menaati tata tertib dan tidak peka terhadap kebersihan lingkungan. BR3T merupakan salah satu program yang dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa. Dengan itu, penelitian ini ingin mengungkap bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa melalui program BR3T. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru, siswa, dan orangtua dengan total subjek wawancara 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BR3T merupakan budaya khas yang sudah melekat pada setiap warga sekolah di SD Daarut Tauhiid, sehingga dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, guru selalu membiasakan setiap siswa untuk melaksanakan BR3T. Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa diantaranya menyiapkan dokumen, membuat aturan, memberi motivasi atau teladan, memberi reward dan punishment, serta melaksanakan evaluasi bersama siswa maupun bersama guru lainnya. Beberapa upaya yang dilakukan guru tersebut berdampak positif terhadap pertumbuhan karakter disiplin siswa, dimana tergambar bahwa siswa telah disiplin dalam tempat, waktu, dan aturan.

Kata Kunci: Profil Karakter Disiplin, Upaya Guru, Program BR3T

 

Abstract

The indiscipline of elementary school students can be seen that there are still students who do not obey the rules and are not sensitive to environmental cleanliness. BR3T is one of the programs that can foster student discipline. With that, this study wants to reveal how teachers' efforts in fostering student discipline through the BR3T program. This research is qualitative with a case study design. The data collection techniques used are interviews, observations, and documentation. The subjects in this study are teachers, students, and parents with a total of 25 interview subjects. The results of the study show that BR3T is a distinctive culture that has been attached to every school resident at SD Daarut Tauhiid, so that from the beginning of learning to the end of learning, teachers always familiarize each student to carry out BR3T. Efforts made by teachers in fostering the character of student discipline include preparing documents, making rules, motivating or setting an example, giving rewards and punishments, and carrying out evaluations with students and with other teachers. Some of the efforts made by the teacher have a positive impact on the growth of students' discipline character, where it is illustrated that students have been disciplined in place, time, and rules.

Keywords: Disciplinary Character Profile, Teacher Efforts, BR3T Program


Keywords


Profil Karakter Disiplin, Upaya Guru, Program BR3T

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, A. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya (Edisi Pertama). Jakarta: PRENAMEDIA Group. Diakses pada 9 Desember 2023.

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S. N., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. doi: https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53 . Diakses pada 4 Maret 2024.

Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. ASANKA: Journal Of Social Science and Education, 1(2), 115-126. Diakes pada 9 Desember 2024.

Arfandi, & Samsudin, A. M. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia, 5(2), 124–132. doi: https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200. Diakes pada 11 Desember 2023.

Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN (Edisi Pertama). Medan: Perdana Publising. Diakses pada 2 Agustus 2024.

Aulia, A. G. (2021). Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Menurut Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 187–196.

doi: https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14367. Diakses pada 15 Desember 2023.

Bado, B. (2022). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah (Edisi Pertama). Klaten: Tahta Media Group.

Buchari, A., Pada, G., Aliyah, M., & Manado, N. M. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(2), 106–124. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897. Diakses pada 8 Desember 2023.

Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru (Edisi Pertama). Jakarta: Bumi Aksara. Diakses pada 8 Desember 2023.

Fikriansyah, Setiawati, R., & Nuraini Gita Maya. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(1), 73–90. Diakses pada 17 Maret 2024.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145-152. doi: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195. Diakses pada 7 Desember 2023.

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1). Diakses dari: www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id. Diakses pada 8 Desember 2023.

Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23. Diakses pada 7 Desember 2023.

Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita (Journal of Education Sciences and Teacher Training, 12(1), 42–78. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256. Diakses pada 29 Agustus 2024

Irmanto, A., & Ridwan, M. (2021). Analisis Tentang Pentingnya Rencana Strategis Organisasi (Analysis of the Importance of Organizational Strategic Plans). International Journal of Indragiri, 1(1), 1–7. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.58707/jipm.v1i1.68. Diakses pada 6 Juli 2024.

Jannah, W. (2021). Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat dan Kompetensi Guru. Diakses dari: https://osf.io/preprints/fcq4t/ . Diakses pada 8 Desember 2023.

Jerusalem, A. M. & Anisa, R. (2019). Program Petugas Kedisiplinan Kelas: Inovasi Penanaman Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). 6 (2), 77-86. Diakses pada 11 Desember 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2023). KBBI Daring edisi III. Diakses pada 15 Desember 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pada KBBI Lektur. Diakses pada 15 Desember 2023.

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Lailaturrahmawati, Januar, & Yusbar. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 89–96. doi: https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.110 . Diakses pada 22 Juli 2024.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Bandung: Nusamedia. Diakses pada 7 Desember 2023.

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6(1), 2251–2260. doi: https://doi.org/doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3267. Diakses pada 30 Juli 2024.

Nugroho, A., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. 2(2), 90–100. doi: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2304. Diakses pada 9 Desember 2023.

Nuriyati, T., & Chanifudin. (2020). PENDIDIK MILLENIAL DI ERA GLOBALISASI. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 361–372. doi: https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.118. Diakses pada 8 Desember 2023.

Nurrita, T. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA. Al Aqidah Jurnal Studi Islam, 1(1), 41–51. Diakses pada 9 Desember 2023.

Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pub. L. No. 12 (2019). Diakses pada 9 Desember 2023.

Primasari, I. A., & Hidayanto, A. (2022). Perancangan Area Kerja Lantai Produksi Berdasarkan Metode 5s (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). https://forum.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5339. Diakses pada 15 Desember 2023.

Purnomo, A. H., dkk. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. 4, 2235–2241. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056 . Diakses pada 6 Juli 2024.

Purwanti, E., Yantoro, & Pamela, I. S. (2020). Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112–117. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v5i2.1348. Diakses pada 9 Desember 2023.

Putri, A. N., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. Asanka: Journal of Social Science and Education, , 2(1), 133–148. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.3031 . Diakses pada 11 Desember 2023.

Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466. Diakses pada 8 Desember 2023.

Rahman, A., Idhar, Amin, M., & Fitasari. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 27–34. doi: https://doi.org/doi.org/10.54371/jekas.v1i1.356 . Diakses pada 29 Juli 2024.

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. doi: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325 . Diakses pada 11 Desember 2024.

Rustam, W., & Pautina, A. R. (2021). Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Intelektualita (Journal of Education Sciences and Teacher Training), 2(2), 198–219. doi: https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.117 . Diakses pada 11 Juli 2024.

Salsabila, A., Affifah, A. N., & Cahyati, S. Y. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sdn Jelupang 01. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 318–333. Diakses dari: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi . Diakses pada 9 Desember 2024.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1). doi: https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287 . Diakses pada 8 Desember 2023.

Sekarrini, F., Andriyani, Y., & Rustini, T. (2022). Menumbuhkan Sikap Disiplin Melalui Pembuatan Aturan Kelas Dengan Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 257–269. doi: https://doi.org/doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.313 . Diakses pada 28 Juli 2024.

Sekolah Dasar DT. (2018). Konsep Pendidikan Daarut Tauhiid. Diakses dari: https://sd.daaruttauhiid.sch.id/.Diakses pada 9 Desember 2023.

Setiawan, A., Apsoh, S., & Sudrajat, A. (2023). Implementasi Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Kelas III SDIT Mutiara. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 115–127. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.542 . Diakses pada 7 Juli 2024.

Silaban, S. J. (2017). Implementasi Program Adiwiyata (Studi Pada Smp Negeri 20 Pekanbaru). Jom FISIP, 4(2), 1–15. Diakses pada 9 Desember 2023.

Suardipa, P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya, 4(2), 88–100. doi: https://doi.org/doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796 . Diakses pada 2 Agustus 2024.

Subakri. (2020). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165 . Diakses pada 7 Desember 2023.

Subiyakto, Z. A., & Ayu, F. (2023). Sosialisasi Penerapan Budaya 5R SD AL HUDA Surabaya. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(1), 371–376. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i1.839 . Diakses pada 15 Desember 2023.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi ke-3. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi). Edisi ke-1. Bandung: ALFABETA.

Sulfemi, B. W. (2019). Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor Tahun 2015 KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU. Diakses pada 8 Desember 2023.

Supinah, & Parmi, I. T. (2011). Modul Matematika SD Program Bermutu: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika SD. Kementrian Pendidikan Nasional. Diakses pada 9 Desember 2023.

Sutoyo, S. R., Wardoyo, E., & Susianti. (2022). Partisipasi Stakeholder Dalam Pengelolaan Pariwisata Warisan Budaya Di Kawasan Ratu Boko, Yogyakarta. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 2085–1960. Diakses dari: https://mail.online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/22994. Diakses pada 9 Desember 2023.

Syarifuddin, H. (2021). HAKIKAT PENDIDIK. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(1). doi: https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9792 . Diakses pada 8 Desember 2023.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005). Diakses pada 8 Desember 2023.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). Diakses pada 8 Desember 2023.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187 . Diakses pada 10 Desember 2023.

Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290-298. doi: https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53. Diakses pada 8 Desember 2023.

Yuvi. (2020). Problem of Dicipline. Yogiraj Notes: Study Notes for Eduction and Law Students. Diakses dari: https://www.yogiraj.co.in/problems-of-discipline. Diakses pada 8 Desember 2023.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.77867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilim Halimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter