Analisis penguatan karakter disiplin dan gotong royong berbasis pembiasaan di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan

Hendra Hendra, Universitas Jambi, Indonesia
Annisa Hasanah, SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penguatan karakter dapat dilakukan melalui proses pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penguatan karakter disiplin dan gotong royong melalui pembiasaan di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan berpedoman pada teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Data yang didapatkan diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembiasaan karakter disiplin di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan dilakukan dengan kebijakan pengaturan jam masuk kelas, penguatan hukuman, dan memberikan penghargaan (reward); 2) proses pembiasaan karakter gotong royong di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan dilakukan dengan kebijakan goro setiap pulang sekolah, piket kelas, membakar sampah setiap minggu, dan membersihkan MCK (mandi, cuci, dan kakus).


Abstract: Character strengthening can be achieved through habituation. This study aims to analyze the process of strengthening discipline and cooperation through habituation at SDN 101228 Pargarutan in South Tapanuli. The research uses descriptive qualitative methods. The data was analyzed using Miles and Huberman's data reduction, data presentation, and conclusion process. The data was also tested using source triangulation techniques. The research results indicate: 1) The habituation of discipline at SDN 101228 Pargarutan in South Tapanuli is carried out through policies such as setting class start times, implementing stronger punishments, and rewarding good behaviour; 2) The habituation of cooperation at SDN 101228 Pargarutan in South Tapanuli is done through practices such as "goro" after school, class duties, weekly trash burning, and maintaining cleanliness in the bathrooms (washing, cleaning, and toilets).


Keywords


karakter; disiplin; gotong royong; pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Dasar (SD ) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/467 

Anggraeni, C., Elan, & Sima, M. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/39692 

Annisa, F. (2019). penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa sekolah dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102 

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157 

Effendi, T. N. (2013). Budaya gotong royong masyarakat dalam perubahan sosial saat ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23403 

Ehwanudin, & Mispani. (2018). Implementasi pendidikan karakter gotong royong dan peduli sosial masyarakat (Studi kasus pada pembangunan mushola Nurul Hidayah di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro). Sumbula, 3, 927–943. 

George, M. I. (2017). What moral character is and is not. The Linacre Quarterly, 84(3), 261–274. https://doi.org/10.1080/00243639.2017.1338442

Handayani, S., Jamaludin, U., & Suparno. (2021). Penanaman karakter peduli lingkungan melalui kegiatan gotong royong di SDN Unyur. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 144–158. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8019

Harrison, T., & Laco, D. (2022). Where’s the character education in online higher education? Constructivism, virtue ethics and roles of online educators. E-Learning and Digital Media, 19(6), 555–573. https://doi.org/10.1177/20427530221104885

Hartini, S. (2017). Pendidikan karakter disiplin siswa di era modern sinergi orang tua dan guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022a). Penanaman karakter gotong royong dan tanggung jawab melalui metode pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022b). Penanaman karakter gotong royong dan tanggung jawab melalui metode pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Hendra, Indrawadi, J., & Montessori, M. (2019). Internalisasi nilai religius dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di sekolah daerah tertinggal. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 84–94. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12932

Hoon, C.-Y. (2014). God and discipline: religious education and character building in a Christian school in Jakarta. South East Asia Research, 22(4), 505–524. https://doi.org/10.5367/sear.2014.0232

Kristanto, B. (2017). Penanaman karakter gotong royong melalui model pembelajaran collaborative learning pada siswa sekolah dasar. Http://Bimakristanto.Blogs.Uny.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/Sites/15406/2017/10/PENANAMAN-KARAKTER-GOTONG-ROYONG-MELALUI-MODEL-PEMBELAJARAN-KOLABORATIF-LEARNING-PADA-SISWA-SEKOLAH-DASAR.Pdf

Latifah, L. N. H., Sulianto, J., & Sumarno. (2023). Analisis sikap gotong royong peserta didik kelas II SDN Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Edukasi, 9(1), 1–11.

Lee, A. (2014). Implementing character education program through music and integrated activities in early childhood settings in Taiwan. International Journal of Music Education, 34(3), 340–351. https://doi.org/10.1177/0255761414563195

Lee, R. L. M. (2013). Modernity, modernities and modernization: Tradition reappraised. Social Science Information, 52(3), 409–424. https://doi.org/10.1177/0539018413482779

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TKAisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(32), 73–92.

Mustad, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter dengan model pembiasaan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SDN Mluweh 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 112–121.

Rahayu, M., Musyafanah, Q., & Kiswoyo. (2021). Analisis implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri 18 Pekanbaru. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 75. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.26561

Sa’diyah, U. K. (2021). Penanaman nilai-nilai akhlak melalui pembiasaan Pada anak didik TK Pertiwi Gunung Jaya Kecamatan Belik. Al-Athfal, 1, 41–58.

Salirawati, D. (2021). Identifikasi problematika evaluasi pendidikan karakter di sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022a). Karakter gotong royong dalam paket pembelajaran sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2022b). Karakter gotong royong dalam paket pembelajaran sema. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3473–3487. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1674

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Solihah, Nur & Faizin, I. (2021). Implementasi metode pembiasaan dalam pembelajaran pendidikan karakter kedisiplinan anak usia dini di RA AL-Khufadz. Al-Athfal, 2, 36–49.

Tichnor-Wagner, A. (2021). Accelerating character education learning through a networked approach: Insights from the kern partners for character and educational leadership. Journal of Education, 202(2), 198–207. https://doi.org/10.1177/00220574211026902

Carusi, F.T., & Szkudlarek, T. (2020). Education is society … and there is no society: The ontological turn of education. Policy Futures in Education, 18(7), 907–921. https://doi.org/10.1177/1478210320933018

Hanik, E., Nur Hanifah, A., Istiqomah, N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Penanaman nilai pendidikan karakter kedisiplinan dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.53754/civilofficium.v1i1.252

Wisudayanti, K. A. (2022). Pendidikan moral sebagai wadah pembentuk calon pendidik yang berkarakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2312




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.70524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Karakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter