IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II DI MASA PANDEMI COVID-19

Dwi Cahyaningrum, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Suyitno Suyitno, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract


Pada masa pandemi covid-19 penerapan karakter religius siswa dilakukan secara daring sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam pelaksanaan penerapan karakter religius, karakter religius mempunyai posisi penting dalam pengendalian diri dari perbuatan yang melenceng dari ajaran agama. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius siswa di masa pandemi covid-19, faktor pendukung dan penghambat di SD Muhammadiyah Karangkajen II. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data model Miles dan Hubermen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kegiatan mengedepankan nilai-nilai religius, menyusun kegiatan tadarus Al-Quran, tahfidz Al-Quran, dan ibadah sholat. (2) Pelaksanaan kegiatan religius mendata dokumen daftar target hafalan dan presensi jadwal sholat, mengintegrasikan pendidikan karakter religius didalam pembelajaran seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, integrasi pengembangan diri kegiatan rutin melakukan ibadah sholat, tadarus Al-Quran, hafalan doa dan surat pendek Al-Quran. (3) Pengawasan kegiatan religius dilakukan kepala sekolah, kepala bidang KHI, guru kelas, dan guru pendidikan agama islam. (4) Evaluasi program berkonsultasi dengan kepala sekolah dan berkoordinasi dengan setiap guru kelas. (5) Faktor pendukungnya yaitu kerjasama, kedekatan, dan peran orang tua sedangkan faktor penghambatnya yaitu terkendalanya pengawasan.

Keywords


Pendidikan karakter, Karakter religius, Siswa SD, Pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Arifin, B. S., dan Rusdiana, H. A. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahnya”. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Volume 7 No.4. Hal 281-288.

Aulia, L, R. 2016. “Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta”. Jurnal Kebijakan Pendidikan, Volume 3 No.5. Hal 314-323.

Creswell, J. W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto., dan Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, W. A. F. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1. Hal 55-61.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kesuma, D., Triatna, C., dan Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, S. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep & Implementasi Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Majid, A., dan Andayani, D. 2017. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munjiatun. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter”. Jurnal Kependidikan. Volume 6 No. 2. Hal: 334-349.

Satrianingrum, A, P., dan Prasetyo, I. 2021. “Persepsi Guru Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 No.1. Hal 633-640.

Setiawan, A. 2021. “Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Volume 7 No.1. Hal 319-327.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitataif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). 2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suyitno. 2018. “Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan, Volume 10 No.2. Hal 191 – 204.

Wati, D. C., dan Arif, D. B. 2017. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa”. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. Hal. 60-63.

Wibowo, A. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah : Konsep Dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusnita, L., Sasongko, R. N., dan Sumantri, M. 2017. “Strategi Peningkatan Pendidikan Karakter Berbasis Persepsi Guru Di SMP”. Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 11 No.4. Hal 374-384.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.40975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter