KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA Dan MENUTUP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMAN SE-KOTA PONTIANAK

Eka Supriatna , Muhammad Arif Wahyupurnomo,

Abstract


Abstract
The problem of this research was there were some students who were less active, spirited, and serious in the
learning process. In regards to the problem, the teacher’s factor brought a big influence toward students’ activeness
and behaviour. The method of this research was descriptive study with the survey design and the sample was 17
teachers. Based on the research findings about the teacher skill in opening and closing the subject, it is found that
the teachers of physical education subject who teach in Pontianak were classified into two categories: very good
76.5% and good 23.5%. The total grouping score of the entire physical education teachers is 533 which is classified
into very good category. Based on the result, it can be conlcuded that the teachers have applied the skill in opening
and closing the lesson well.
Key words: the skill in opening and closing, teacher and physical education
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat sebagian siswa yang kurang aktif, kurang semangat dan kurang
serius dalam mengikuti proses pembelajaran. Terkait hal tersebut, faktor guru sangat berpengaruh terhadap perilaku
dan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan pendidik dalam membuka
dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian ini merupakan
penelitian survei. Sampel yang digunakan berjumlah 17 guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan
mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran, guru pendidikan jasmani SMAN yang mengajar di kota
Pontianak tergolong pada dua klasifikasi yaitu baik sekali sebesar 76.5% dan baik sebesar 23.5%. Sedangkan
jumlah pengelompokan skor keseluruhan dari semua guru pendidikan jasmani adalah 533 yang termasuk dalam
klasifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan keterampilan membuka dan menutup
pelajaran dengan baik.
Kata kunci: keterampilan terbuka dan tertutup, guru dan pendidikan jasmani

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v11i1.8173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats