PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM SISTEM PEMBANGUNAN DAN PEMBINAN OLAHRAGA DI INDONESIA
Abstract
Abstract
Sport is a culture and universal language for mankind. Sport could support the mental and character development.
Through sport, a small state could become a great one. The application of the motto “promote the society to do sport
and promote the sport to the society” is far from expectations. The deterioration of Indonesia’s sport performance
is worrying that is caused by the development and the coaching system which did not run well. These phenomena
become a collective thinking for Indonesia’s sport man, including physical education teacher. Physical education
teacher has a big responsibility to take an active role in the development and coaching system in Indonesia, especially
in the stage of sport promotion through physical education in the school and community.
Key words: Physical Education Teacher, Sport Development and Building System
Abstrak
Olahraga merupakan sebuah budaya sekaligus bahasa universal bagi umat manusia. Olahraga pun dapat turut
menunjang pembangunan mental dan karakter bangsa, melalui olahraga, banyak negara kecil menjadi besar.
Penerapan motto mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga sampai saat ini terasa semakin
jauh dari harapan. Keterpurukan prestasi olahraga Indonesia juga semakin lama semakin menghawatirkan.Hal
ini salah satunya disebabkan karena sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di Indonesia belum berjalan
dengan baik.Fenomena-fenomena tersebut menjadi pemikiran bersama insan olahraga yang ada di Indonesia, tak
terkecuali guru pendidikan jasmani.Guru pendidikan jasmani memiliki tanggungjawab besar untuk dapat berperan
aktif dalam sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di Indonesia, khususnya dalam tahap pemassalan dan
pembibitan olahraga lewat pendidikan jasmani di sekolah dan masyarakat.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Jasmani, SistemPembangunan dan Pembinaan Olahraga
Sport is a culture and universal language for mankind. Sport could support the mental and character development.
Through sport, a small state could become a great one. The application of the motto “promote the society to do sport
and promote the sport to the society” is far from expectations. The deterioration of Indonesia’s sport performance
is worrying that is caused by the development and the coaching system which did not run well. These phenomena
become a collective thinking for Indonesia’s sport man, including physical education teacher. Physical education
teacher has a big responsibility to take an active role in the development and coaching system in Indonesia, especially
in the stage of sport promotion through physical education in the school and community.
Key words: Physical Education Teacher, Sport Development and Building System
Abstrak
Olahraga merupakan sebuah budaya sekaligus bahasa universal bagi umat manusia. Olahraga pun dapat turut
menunjang pembangunan mental dan karakter bangsa, melalui olahraga, banyak negara kecil menjadi besar.
Penerapan motto mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga sampai saat ini terasa semakin
jauh dari harapan. Keterpurukan prestasi olahraga Indonesia juga semakin lama semakin menghawatirkan.Hal
ini salah satunya disebabkan karena sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di Indonesia belum berjalan
dengan baik.Fenomena-fenomena tersebut menjadi pemikiran bersama insan olahraga yang ada di Indonesia, tak
terkecuali guru pendidikan jasmani.Guru pendidikan jasmani memiliki tanggungjawab besar untuk dapat berperan
aktif dalam sistem pembangunan dan pembinaan olahraga di Indonesia, khususnya dalam tahap pemassalan dan
pembibitan olahraga lewat pendidikan jasmani di sekolah dan masyarakat.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Jasmani, SistemPembangunan dan Pembinaan Olahraga
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v11i1.8169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.