Pengaruh latihan metode drill terhadap peningkatan keterampilan shooting 2 point
Ngatman Ngatman, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amat Komari, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismail Gani, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan metode drill terhadap peningkatan keterampilan shooting 2 point pada peserta ekstrakurikuler bola basket SMK Koperasi Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen one grup pretest post test dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolabasket SMK Koperasi Kota Yogyakarta yang berjumlah 15 peserta. Yang terdiri dari 7 peserta ekstrakurikuler putra dan 8 peserta ekstrakurikuler putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dari Johnson&Aahper. (1986). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Paired sample dengan signifikansi p <0,005. Hasil dari penelitian ini menunjukan kemampuan shooting 2 point meningkat setelah dilakukan latihan dengan metode drill, ada pengaruh yang signifikan latihan dengan metode drill terhadap kemampuan shooting 2 point dalam teknik dasar bola basket. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji paired sample yang menunjukkan bahwa didapatkan dengan skor standar deviasi 1,43 dengan rata-rata 3,06. Dengan signifikansi 0, 00 atau p<0,05. Adapun perbandingan hasil rata-rata skor antara pre-test dan post-test adalah 4 point.
Abstract: This study aims to determine the effect of drill method training on improving 2-point shooting skills in extracurricular basketball participants of SMK Koperasi Kota Yogyakarta. This research is a type of experimental research one group pretest post test with a quantitative approach. The population in this study were extracurricular basketball participants of SMK Koperasi Kota Yogyakarta, totaling 15 participants. Which consisted of 7 male extracurricular participants and 8 female extracurricular participants. The data collection technique in this study used tests from Johnson & Aahper. (1986). The data analysis technique in this study used the Paired sample test with a significance of p <0.005. The results of this study show that the ability to shoot 2 points increases after training with the drill method, there is a significant effect of training with the drill method on the ability to shoot 2 points in basic basketball techniques. This is evidenced by the results of the paired sample test analysis which shows that it is obtained with a standard deviation score of 1.43 with an average of 3.06. With a significance of 0, 00 or p <0.05. The comparison of the average score between the pre-test and post-test is 4 points.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, N. (2007). Permainan bola basket. Surakarta: Era Intermedia.
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Shooting Bola Basket Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 46–55.
Aulia, S., Supriatna, S., & Sulistyorini, S. (2019). Pengaruh Kombinasi Metode Latihan Drill Dan Visual-Imagery Terhadap Keterampilan Shooting
Bompa. (2009). Periodization Theory and Methodology of Training. USA: Sheridan Books.
Bunker, D.and Thorpe, R. (1982). “A Model for the Teaching of Games”. Secondary School in the Bulletin of Physical Education, Volume 18 No. 1, Spring 1982.
Caly Setiawan & Soni Nopembri. (2004). “Teaching Games for Understanding (Konsep dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani)”. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Hal : 54-61. Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas.
Danny Kosasih. (2008). Fundamental Basketball. Semarang: CV.Elwas Offset.
Donald H. Brown. 2007. A basketball handbook. AuthorHouse
Ejournal.unesa.ac.id.index.jurnal-kesehatan-olahraga (2014)
Engkos, Kosasih. (1993). Olahraga, Teknik dan Program Latihan, Akademika
Griffin ; Mitchell ; Oslin. (1997). Pembelajaran Dalam Permainan.
Griffin. Linda. L. (2005). Model Pembelajaran Pendekatan Taktik: Teori, Penelitian, dan Praktik. (Alih Bahasa: Soni Nopembri, Saryono, & Ahmad Rithaudin). Yogyakarta: FIK UNY.
Irfandi, Zikrur Rahmat, I Made Dwi Sastra Wargama, dan Akmaluddin (2022) PENGUATAN DAN DORONGAN FALSAFAH DALAM PENDIDIKAN EDUCATION AND SPORT SIENCE BIDANG OLAHRAGA SOCCER1,2, 4Universitas Bina Bangsa Getsempena 3 Universitas Negeri Semarang, UNNES
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) (2018) Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Joy, I. Butler and Barbara, J. McCahan. (2005). “Teaching Games for Understanding: As a Curriculum Model”. In L. Griffin & J. Butler (Eds.), Teaching Games for Understanding: Theory, research, and practice. Windsor: Human Kinetics.
Kar, S. (2013). Measurement of competition level anxiety of college level athletes by using SCAT. International Journal of Engineering Science and Innovative Tecnology (IJESIT). Vol. 2. Department of physical education. Union christian training college. Berhampore. Murshidabad. W.B.
Lengkong, J., & Sattu, J. (2021). Studi meta analisis pengaruh gaya mengajar terhadap peningkatan kemampuan lay up shoot dalam permainan bola basket.
Majid, W., & Roesdiyanto, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Shooting Bolabasket Menggunakan Metode Drill. Indonesia
PERBASI. 2006. Peraturan Permainan Dan Pertandingan Bola Basket, Jakarta: Perbasi
Riadi, Muchlisin. (2022). Metode Pembelajaran Drill.
Sahabudin, 2012. Peran Guru Dalam Pembelajaran Penjas.
Sari, N., Welis, W., & Dinata, W. W. (2020). Pengaruh latihan shooting dengan teknik beef terhadapkemampuan free throw
Saryono dan Ahmad Rithaudin. (2011). “Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGfU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Peserta didik Dalam Pendidikan Jasmani”. Laporan Penelitian. FIK UNY
Sitanggang, Nathanael and Saragih, Abdul Hasan (2013) STUDI KARAKTERISTIK SISWA SLTA DI KOTA MEDAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 134-258.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Kamil, Damrah & Indika, 2018).
Sumintarsih. (2012). Prinsip-prinsip dan program latihan meningkatkan kebugaran jasmani. proceeding seminar nasional membangun insan yang berkarakter dan bermartabat melalui olahraga,
Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v19i2.73467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.