Kualitas lulusan magister pendidikan jasmani FIKK UNY: kepuasan pengguna lulusan
Ngatman Ngatman, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amat Komari, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sridadi Sridadi, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Willy Ihsan Rizkyanto, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kompetensi sebagai wujud kualitas lulusan menjadi penting bagi Program Studi Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY. Lulusan atau alumni dari program studi harus memiliki kompetensi dalam mempersiapkan dalam memasuki dunia kerja dan siap bersaing dengan alumni atau lulusan dari universtas lain. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kualitas lulusan Program Studi Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY UNY dari perspektif pengguna lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup terdiri dari 13 pernyataan dari indikator kepuasan pengguna lulusan. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 17 pengguna lulusan atau sebesar 32% dari total pupolasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dari angket kuisioner dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang akan peneliti analisis secara deskriptif persentase denga kriteria sebagai berikut; 1-25% dengan kriteria sangat rendah, 26-50% dengan kriteria sedang, 51-75% dengan kriteria Baik, dan 76-100% dengan kriteria sangat baik. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi lulusan prodi Magister Pendidikan Jasmani FIKK UNY memiliki nilai rerata sebesar 47.06, persentase sebesar 90.50 % dengan kriteria sangat baik. Sejumlah 13 indikator kepuasaan masuk dalam kriteria sangat baik. Indikator kemampuan bahasa asing merupakan indikator dengan nilai terendah dibanding indikator yang lain. Hasil ini dapat dijadikan bahan evaluasi pihak terkait untuk merencanakan program peningkatan kompetensi lulusan.
Abstract: Competency as a form of graduate quality is important for the FIKK UNY Physical Education Master's Study Program. Graduates or alumni from study programs must have competence in preparing to enter the world of work and be ready to compete with alumni or graduates from other universities. This research aims to determine the quality of graduates of the Master of Physical Education Study Program FIKK UNY from the perspective of graduate users. This research is quantitative descriptive. The method used in this research is a survey method. The data collection technique used in this research used a closed questionnaire consisting of 13 statements from indicators of graduate user satisfaction. The sample in this study was 17 graduate users or 32% of the total population. The data analysis technique used in this research is quantitative descriptive. The data from the questionnaire in this research is quantitative data which researchers will analyze descriptively in percentages using the following criteria; 1-25% with very low criteria, 26-50% with medium criteria, 51-75% with good criteria, and 76-100% with very good criteria. The results and discussion in this research can be concluded that the competency of graduates of the Master of Physical Education study program FIKK UNY has an average score of 47.06, a percentage of 90.50% with very good criteria. A total of 13 satisfaction indicators fall into very good criteria. The foreign language ability indicator is the indicator with the lowest value compared to other indicators. These results can be used as evaluation material for related parties to plan graduate competency improvement programs
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, R. Q., & Kusumadinata, A. A. (2023). Teknik Komunikasi Dalam Dunia Kerja. Karimah Tauhid, 2(1), 360–368. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.8033
Aminullah, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. Komunike, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243
Aquino, A. B., Punongbayan, E. J., Macalaguim, L. P., Bauyon, S. M., Rodriguez, R. a, & Quizon, G. R. (2015). Teacher Education Graduate Tracer Study from 2010 to 2014 in One State University in Batangas, Philippines. Part II Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 45–50. https://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/01/APJMR-2015-3.5.2.06.pdf
Arifin, Z., & Yaqin, A. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Buletin Edukasi Indonesia, 1(02), 39–45. https://doi.org/10.56741/bei.v1i02.89
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Bakhtiar, M., & Latif, S. (2017). Tracer Study Alumni: Upaya Pengembangan Prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p032
Cornillez Jr., E. E. C., Caminoc, S. R. T., Basas, B. R., Militante Jr., B. T., & Paler, R. R. (2021). Tracer Study of Teacher Education Graduates of the Eastern Visayas State University-Tanauan Campus, Philippines. European Journal of Education and Pedagogy, 2(3), 186–193. https://doi.org/10.24018/ejedu.2021.2.3.143
Cuadra, L. J., Aure, M. R. K. L., & Gonzaga, G. L. (2019). The Use of Tracer Study in Improving Undergraduate Programs in the University. Asia Pacific Higher Education Research Journal, 6(1), 13–25. https://po.pnuresearchportal.org/ejournal/index.php/apherj/article/download/1315/409
Fajaryati, N., Pambudi, S., Priyanto, P., Sukardiyono, T., Utami, A. D. W., & Destiana, B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 44–45. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10878
Gay, LR, Geoffrey E. Mills and Peter Airasian. (2009). Educational Research, Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc.
H.M. Syarafudin dan Hastuti Diah Ikawati. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(2), 47–51. https://doi.org/10.36312/jcm.v1i2.87
Hasanah, A., Utami, I. H., & Kusainun, N. (2020). Pentingnya Kompetensi Leadership Pada Guru MI. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(1), 10–20. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/9147#:~:text=Hasil dari penelitian ini mengenai pentingnya kompetensi leadership,madrasah%2C dan 4%29 mempersiapkan peran guru di masyarakat.
Humaira, F., Agung, S., & Kuraesin, E. (2019). Pengaruh Integritas Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Manager Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 329–342. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3706
Imron, A., Shobirin, M., & Farda, U. J. (2019). Tracer Study: Keterserapan Dan Kepuasan Pengguna Alumni Pgmi Unwahas Lulusan Tahun 2015, 2016 Dan 2017. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 71–96. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2713
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jariono, G., Nugroho, H., Lestari, I., Marganingrum, T., Yani Tromol Pos, J. A., Kartasura, P., Tengah, J., Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, P., Keolahragaan, F., Sebelas Maret, U., Menteri Supeno, J., Surakarta, K., Studi Pendidikan Jasmani, P., Rekreasi, dan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jabal Gafur Sigli, U., & Gle Gapui, J. (2022). Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penjas adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Medikora, 21(1), 90–99. https://doi.org/10.21831/MEDIKORA.V21I1.44015
Kalaw, M. T. B. (2019). Tracer study of bachelor of science in mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 537–548. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.17343
Kisworo, B., Utsman, U., Ilyas, I., & Siswanto, Y. (2018). Kepuasan Mahasiswa dan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 150–156. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc
Kurniawan, T., Mustar, Y. S., Hariyanto, A., Susanto, I. H., & Noordia, A. (2021). Assessment transition of exercise and dietary habit of athletes before and during Ramadan in the pandemic of Covid-19. Medikora, 20(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/Medikora.V20I2.40716
Malaluan, N. E., Godoy, M. C., Balazon, F. G., Soquiat, M. M., & Balita, L. (2020). a Tracer Study of Batangas State University (Batstateu)- Lipa City Graduates of Sy 2017 – 2018. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 8(6), 36–42. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i6.2020.396
Margaretha, Giovanni Inez Erika., Geraldy Samuel Ivan., Roosganda Elizabeth., Rinsan Hutabarat., Annisa Soeyono., Ratu Erlina G., Didik Notosudjono., Arief T Hardiyanto., Hamzah Bustomi., Hendro Sasongko., Hari Muharam., Matinus Tukiran. (2023). Peran Inovasi dan Strategik Manajemen Mendukung Kesiapan SDM Memasuki Dunia Kerja dan Usaha di Era Globalisasi - Revolusi Teknologi 4.0. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 9 (1): 1142-1160.
Mariana, N., Rejeki, R. S. A., & Razaq, J. A. (2015). Tracer Studi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Dinamika Informatika, 7(2), 75–84. https://doi.org/10.35315/informatika.v7i2.4216
Nashrulloh, M. I., Ramandhika, R. D., & Shaleh. (2022). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Mewujudkan Kualitas Lulusan Yang Unggul Dalam Kompetensi Religius Di Mim Kahuman Klaten. POTENSIA, 8(2), 154–168. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i2.19661
Novitri, B. S., Kamil, M., & Rianto, J. (2020). Pengaruh disiplin kerja, pengembangan diri dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Pemandhu, 1(1), 38–48.
Nursubiyantoro, E., & Puryani, P. (2016). Perancangan Sistem Penelusuran Alumni (Tracer Study) Berbasis Web. Opsi, 9(2), 85–92. https://doi.org/10.31315/OPSI.V9I2.2228
Pambudi, D. K., & Arjuna, F. (2022). Exploration Study of Sports Science Study Graduates. 21(2), 152–161. https://journal.uny.ac.id/index.php/medikora
Praseptian M, D., Fadlil, A., & Herman, H. (2022). Penerapan Clustering K-Means untuk Pengelompokan Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(3), 1693. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4191
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9
Rahmawaty, P., & Milaningrum, E. (2019). Kesiapan Kerja dan Kemampuan Berbahasa Inggris pada Mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Eksistensi, 1(2), 78–86. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/Eksis/article/view/1695%0Ahttp://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/Eksis/article/download/1695/1138
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Ristia Wahyuningsih, Hanifah Aulia Kusuma, H. L. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Non Bahasa Inggris Terhadap Kebutuhan Bahasa Inggris Di Dunia Kerja. Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1–36. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i2.3718
Saiful, M., Sudianto, A., & Nurhidayati, N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.29408/JIT.V2I1.942
Sari, J. D. R., & Mukhaiyar, R. (2020). Studi Kebutuhan Kompetensi Tambahan Dan Penunjang Pada Kurikulum PSPTE Universitas Negeri Padang. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(1), 133–138. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulvinajayanti, iskandar, & Hayat, N. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare. Jurnal Penelitian, 13(2), 279–304.
Susanti, & Masriah. (2021). Analisis kepuasan pengguna lulusan kerja praktek industri mahasiswa Politeknik Maritim Negeri Indonesia. Jurnal Maritim Polimarin, 7(1), 25–31. https://ejurnal.polimarin.ac.id/index.php/jmp/article/view/25%0Ahttps://ejurnal.polimarin.ac.id/index.php/jmp/article/download/25/24
Sutikno, A. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. Prosiding “Profesionalisme Guru Abad XXI”, Seminar Nasional IKA UNY Tahun 2018, 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v4i2.177
Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Penerapan E-Kinerja Dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 153. https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.290
Widyaswari, U. H., & Ruhana. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kerjasama Tim. Jurnal Administrasi Bisnis, 28-37. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1452
Wijayanti, S. H., Utami, N., Putri, B. K. N., & Mantiri, S. M. (2021). Penilaian diri kompetensi komunikasi pencari kerja dalam memasuki dunia kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2), 128–143. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i2.3414
Yudiaatmaja, F. (2013). Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Media Komunikasi FPIPS, 12(2), 29–38. https://doi.org/10.23887/mkfis.v12i2.1681
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i1.73465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.