Minat terhadap profesi guru mahasiswa PJKR FIKK UNY

Mukhlis Kurniawan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tri Ani Hastuti, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa prodi PJKR FIKK UNY Angkatan 2018 terhadap profesi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PJKR FIK UNY Angkatan 2018 terhadap profesi guru dengan jumlah 185 mahasiswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 146 responden, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan syarat mahasiswa aktif PJKR FIK UNY Angkatan 2018 dan mengisi pada waktu yang ditentukan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan tiga indikator untuk mengukur variabel minat yaitu indikator kognisi, emosi, dan konasi. Validasi instrument menggunakan validasi ahli dan validasi empiris menggunakan rumus product moment. Sedangkan uji uji reliabilitas menggunakan teknik cornbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif, yaitu mencari nilai distribusi frekuensi dan nilai variabel minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PJKR FIKK UNY memiliki minat terhadap profesi guru sebesar 82,05% atau berada pada kategori tinggi.

Abstract: This study aims to determine the interest of PJKR FIKK UNY Class of 2018 students in the teaching profession. This type of research is quantitative descriptive research with survey method. The population of this study were PJKR FIK UNY Class of 2018 students towards the teaching profession with a total of 185 students. The sample obtained was 146 respondents, sampling with purposive sampling technique with the condition that active students of PJKR FIK UNY Class of 2018 and filling in at the specified time. The instrument used to collect data uses a questionnaire. This study uses three indicators to measure interest variables, namely indicators of cognition, emotion, and conation. Instrument validation uses expert validation and empirical validation using the product moment formula. While the reliability test uses the cornbach alpha technique. The data analysis technique uses descriptive analysis, namely finding the frequency distribution value and the value of the interest variable. The results showed that PJKR FIKK UNY students had an interest in the teaching profession of 82.05% or in the high category.


Keywords


minat, mahasiswa PJKR, profesi guru, physical education students, teacher profession

Full Text:

PDF

References


Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. PT. Tiara Wacana Yogya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara.

Astarini, I., & Mahmud, A. (2015). Economic Education Analysis Journal Info Artikel. Dalam EEAJ (Vol. 4, Nomor 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Cindy Mutia Annur. (2022). Mayoritas Guru di Indonesia adalah Perempuan. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/24/mayoritas-guru-di-indonesia-adalah-perempuan.

Guo, L., & Hau, K. T. (2024). Adolescents want to be teachers? Affecting factors and two-decade trends in 39 educational systems. International Journal of Educational Research, 123. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102274

Hafidah, D., Amelia, D., N, A. N., Fithriya, R. A. I., Aufa, M. F. N., Mardiant, A., & Rozak, R. W. A. (2024). Persepsi Negatif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Mengenai Profesi Menjadi Guru. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2071–2081. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.998

Intan Yunelia. (2019, Mei 9). Minat Jadi Guru Turun, Bagaimana Trennya di Negara Maju? https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/9K5EZp1K-minat-jadi-guru-turun-bagaimana-trennya-di-negara-maju.

Islamiati, D., & S., A. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1569–1578.

Kraft, M. A., Lyon, M. A., Tu, S., Chong, E., Cooper-Hohn, A., Benjes, J., Kuo, T., Noh, H., Lee, J., Edwards, D., Henig, J., Johnson, S. M., Lovison, V., Murnane, R., Qazilbash, E., Saenz-Armstrong, P., Schneider, J., & Albany, S. (2024). THE RISE AND FALL OF THE TEACHING PROFESSION: PRESTIGE, INTEREST, PREPARATION, AND SATISFACTION OVER THE LAST HALF CENTURY. http://www.nber.org/papers/w32386

Muh Suluh Jati. (2022, Maret 9). Banyak Anak Muda Tidak Mau Jadi Guru. Mengapa? https://muhsuluhjati.medium.com/ketika-yang-muda-enggan-jadi-pendidik-3948fa2569f0.

Mulyono, A. R. (2012). Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Angkatan Tahun 2010 Terhadap Olahraga Futsal. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur Aini, E. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p83-96

Nur Amalia, N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Persepsi, Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 671–683.

Purwanto, J. (2006). Peluang-Peluang Karier dalam Pendidikan Jasamani dan Olahraga: Relevansi Lulusan Program Studi PJKR dengan Kebutuhan Mayarakat. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2).

Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10–23. http://ejournal.unikama.ac.idHal|10

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Supiana. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan. Badan Litbang dan Diklat, Departemen Agama RI.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–682. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Wildan, M., Susilaningsih, & Ivada, E. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Program Studi Pendidikan Akutansi FKIP UNS. Dalam UNS (Vol. 2, Nomor 1).

Wuest D.A & Bucher C.A. (1995). Foundation of Physical Education and Sport. Mosby-Year Book Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v19i1.72375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats