Pengembangan media pembelajaran PJOK berbasis Web di Kelas IV SD

Shella Udiana Watikasari, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Iyakrus Iyakrus, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Destriani Destriani, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis web, yang sesuai dengan tingkat kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan metode pengembangan. Prosedur pengembangan, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Produk berupa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Adapun proses pengembangan media pembelajaran PKOK yang telah dilakukan oleh penulis ini diperoleh dari data penilaian ahli materi, ahli media, uji coba lapangan skala kecil serta uji coba lapangan skala besar, berdasarkan hasil validasi dari masing-masing yaitu ahli materi dengan nilai rata-rata 3,75 dengan kategori “sangat valid”, ahli media dengan rata-rata 3,47 dengan kategori “valid”, uji coba lapangan skala kecil diperoleh rata-rata 4,37 dengan kategori “sangat baik, uji coba lapangan skala besar diperoleh rata-rata 4,89 dengan kategori “sangat baik”. Untuk uji coba lapangan skala kecil diperoleh nilai NGain untuk kelas IVA sebesar 0,39, kelas IVB 0,40, kelas IVC 0,65. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis web efektif, dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan data hasil evaluasi pre-test dan post-test.   Simpulan dari hasil penelitian diatas adalah media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berbasis web kelas IV sesuai dengan kurikulum merdeka dan silabus, dinyatakan valid setelah dilihat dari kedua aspek tersebut.

This research aims to produce a product in the form of web-based Physical Education, Sports and Health (PJOK) learning media, which is in accordance with the level of feasibility and effectiveness of web based Physical Education Sports and Health (PJOK) learning media. This type of research is research and development (R&D) which uses development methods. Development procedures, including potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trials, product revisions, usage trials, product revisions, mass production. The product is in the form of web based learning media in Physical Education Sports and Health (PJOK) subjects. Web based learning media products in Physical Education Sports and Health (PJOK) subjects, which have been declared suitable as learning media based on validation results from material experts with an average score of 3.75 in the "very valid" category, media experts with an average-average 3.47 with the "valid" category, small scale field trials obtained an average of 4.37 with the "very good" category, large scale field trials obtained an average of 4.89 with the "very good" category. For small scale field trials, the NGain value for class IVA was 0.39, class IVB 0.40, class IVC 0.65. The effectiveness of web-based Physical Education Sports and Health (PJOK) learning media is proven by the increase in student learning outcomes based on pre-test and post-test evaluation data. The conclusion of the results of the study above is that the class IV web-based Sports and Health Physical Education (PJOK) learning media in accordance with the independent curriculum and syllabus, is declared valid after being viewed from these two aspects.


Keywords


efektifitas; media pembelajaran; learning media; web; PJOK

Full Text:

PDF

References


Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3951–3955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11640

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Cooper, V., Mcconnell, M., Cooper, V., & Mcconnell, M. (2016). Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy. 7769. https://doi.org/10.1080/0968776000080107

Creator, S. A. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 7(2), 27–34.

Php, M., & Mysql, D. A. N. (2020). JTIM : Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. 03(1), 35–44.

Rachmi Marsheilla. (2021). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani, 18(2), 194–202.

Sumarno, Imawati, V., & Ristiawan, B. (2022). Inovasi Pembelajaran melalui Model Teaching Game for Understanding (TGfU) untuk Menyiapkan Keterampilan Strategi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 170–184.

Astiting. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Ensiklopedia Plus Mind Mapping Materi Zoologi Vertebrata Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. UIN Alauddin Makassar: Makassar.

Bete, D. T., & Saidjuna, M. K. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Benteng dalam Pembelajaran Penjas terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 70–79. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/77

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Cooper, V., Mcconnell, M., Cooper, V., & Mcconnell, M. (2016). Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy. 7769. https://doi.org/10.1080/0968776000080107

Creator, S. A. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 7(2), 27–34.

Php, M., & Mysql, D. A. N. (2020). JTIM : Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. 03(1), 35–44.

Rachmi Marsheilla. (2021). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani, 18(2), 194–202.

Sumarno, Imawati, V., & Ristiawan, B. (2022). Inovasi Pembelajaran melalui Model Teaching Game for Understanding (TGfU) untuk Menyiapkan Keterampilan Strategi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 170–184.

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Gambo, N., & Musonda, I. (2022). Influences of social media learning environments on the learning process among AEC university students during COVID-19 Pandemic : Moderating role of psychological capital. Cogent Education, 9(1), 2023306. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2023306

Greve, S., Thumel, M., Jastrow, F., Krieger, C., Schwedler, A., Süßenbach, J. (2022). The use of digital media in primary school PE – student perspectives on product-oriented ways of lesson staging. Physical Education and Sport Pedagogy. 27(1), 43-58. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1849597

Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/Gain Scores. AERA-D: American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology. http://www.physics.indiana.edu/~sdi/Analyzing ChangeGain.pdf

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Iskandar, S., Rosmana, P., Fazriyah, A., Febriyano, A., & Rosyada, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3239-3245. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.991

Iyakrus, I. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan. 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Cooper, V., Mcconnell, M., Cooper, V., & Mcconnell, M. (2016). Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy Development of a Web-based learning tool for undergraduate health professionals studying applied anatomy. 7769. https://doi.org/10.1080/0968776000080107

Creator, S. A. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 7(2), 27–34.

Php, M., & Mysql, D. A. N. (2020). JTIM : Jurnal Teknik Informatika Mahakarya. 03(1), 35–44.

Rachmi Marsheilla. (2021). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani, 18(2), 194–202.

Sumarno, Imawati, V., & Ristiawan, B. (2022). Inovasi Pembelajaran melalui Model Teaching Game for Understanding (TGfU) untuk Menyiapkan Keterampilan Strategi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 170–184.

Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v19i2.67377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats