TINGKAT KEMAMPUAN DASAR BERMAIN MINI TENISPESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1,KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Abstract
The background of this research is the problem about the lack of basic skills playing mini tennis of students class Velementary school Sinduadi 1, therefore, the purpose of this research is for finding out the level of basic skills playingmini tennis of students class V elementary school Sinduadi 1, subdistrict Melati, Sleman regency, DIY.This researchis a descriptive research using survey method with test and measurement technique. The subject of this study is 29students class VB elementary school Sinduadi 1, subdistrict Melati, Sleman regency, DIY. The instruments usedin this research are modified tests including service, forehand, and backhand test. Those tests have been testedto12 students in grade V SD Negeri Sinduadi II, Mlati, Sleman, DIY. The result of this research which is about thelevel ofbasic skills playing mini tennis of students class V elementary school Sinduadi 1, subdistrict Melati, Slemanregency, DIY is in category of medium. Following of this research is : there is a student with percentage 3,45% isin category very good, 9 students with with percentage 31,03% is in category good, 10 students with percentage34,48% is in category medium, 8 students with percentage 27,59% is in category low, and a student with percentage3,45% is in category very low. Thus, it can be concluded that students’ basic competency in playing mini tennis ingrade V SD Negeri Sinduadi 1, Mlati, Sleman DIY is categorized as average.
Key words : Basic skills playing mini tennis
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah masih kurangnya tingkat kemampuan dasar bermain mini tenis pesertadidik kelas V SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuani untuk mengetahuitingkat kemampuan dasar bermain mini tenis peserta didik kelas V SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, KabupatenSleman, DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan mengunakan metode survei. Teknikpengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan pengukuran.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didikkelas VB SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY sebanyak 29 Peserta didik. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes servis, tes forehand, dan tes backhand yang telah dimodifikasi olehpeneliti. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 12 peserta didik kelas V SD Negeri Sinduadi II, KecamatanMlati, Kabupaten Sleman, DIY. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan dasar bermain mini tenispeserta didik kelas V SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY termasuk dalam kategorisedang. Adapun rincian hasil penelitiannya adalah sebagai berikut : terdapat 1 peserta didik dengan persentase3,45% masuk dalam kategori sangat baik, 9 peserta didik dengan persentase 31,03% masuk dalam kategori baik, 10peserta didik dengan persentase 34,48% masuk dalam kategori sedang, 8 peserta didikdengan persentase 27,59%masuk dalam kategori kurang, dan 1 peserta didik dengan persentase 3,45% masuk dalam kategori kurang sekali.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan dasar bermain tenis mini peserta didik kelas V SDNegeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY berkategori sedang.
Kata Kunci: Kemampuan dasar bermain mini tenis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v10i2.5693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.