Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Khoirul Anwar Pulungan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Abstract
Kebutuhan kebugaran jasmani sangatlah penting terhadap pencapaian hasil belajar, karena kebugaran jasmani kemampuan tubuh untuk menyesuaikan tugas sehari-hari dengan tanpa kelelahan, mempunyai energi yang cukup untuk menikmati waktu luang maupun menghadapi waktu darurat setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penelitian dilakukan pada bulan 2022. Sampel data adalah seluruh siswa kelas VI SDN Somoketro yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrument Tes Kebugaran Jasmani Indonesia tahun 2010 yang terdiri dari lari 40 meter, gantung tekuk siku 30 detik, baring duduk 30 detik, loncat tegak 30 detik dan lari 600 meter. Untuk mengetahui prestasi belajar menggunakan nilai raport semester tahun 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahwa kebugaran jasmani bukan salah satu faktor yang menentukan kenaikan maupun penurunan hasil belajar siswa.
The need for physical fitness is very important for achieving learning outcomes, because physical fitness is the body's ability to adapt daily tasks without fatigue, has enough energy to enjoy free time and face emergencies at any time. This study aims to determine the effect of physical fitness on learning achievement of elementary school students. The method used in quantitative research is an ex post facto approach. The research was conducted in 2022. The data samples were all 29 students in class VI at Somoketro Elementary School. The research instrument used was the 2010 Indonesian Physical Fitness Test instrument which consisted of 40 meters running, 30 seconds of hanging elbows, 30 seconds of lying down, 30 seconds of upright jumping and 600 meters of running. To determine learning achievement, use the 2020/2021 semester report card scores. Data collection techniques are carried out by testing and documentation. The results of this study indicate that physical fitness is not a factor that determines the increase or decrease in student learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, R., Febrianti, R., & Rohman, A. (2022). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Iv , V Dan Vi Sd Negeri. 8(2), 72–83.
Ángel, L. P., Beatriz, B., Jerónimo, A., Antonio, P., Pedro, L., Beatriz, B., Jerónimo, A., Ángela, L. P., Beatriz, B., & Jerónimo, A. (2021). Machine Translated by Google Jurnal Ilmu Olahraga Pengaruh program istirahat aktif 10 minggu di lingkungan sekolah terhadap kebugaran fisik , bakat sekolah , kreativitas dan fleksibilitas kognitif pada anak sekolah dasar . Uji coba terkontrol secara acak. Journal of Sport Sciences. https://doi.org/10.1080/02640414.2020.1864985
Atmoko, E., & Pradana, W. Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermain Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Besuki The Effect of Learning Play Approach on the Physical Fitness Level of Students in Elementary School 2 Besuki. PENJAGA:Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1, 36–41.
Cahyo, A. N., & Tahun, U. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SIRKUIT KARDIO UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA ANAK USIA 6-9 TAHUN. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 11–17.
Cocca, A., Verdugo, F. E., Cuenca, L. T. R., & Cocca, M. (2020). Effect of a game-based physical education program on physical fitness and mental health in elementary school children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17134883
Drenowatz, C., Hinterkörner, F., & Greier, K. (2021). Physical Fitness and Motor Competence in Upper Austrian Elementary School Children — Study Protocol and Preliminary Findings of a State-Wide Fitness Testing Program. Frontiers in Sport and Active Living, 3(February), 1–11. https://doi.org/10.3389/fspor.2021.635478
Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 41-42.
Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah, D. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196
Ilmul Maarif. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3451–3456.
Khasanah, U. A., PH, L., & Indrayati, N. (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 157. https://doi.org/10.32584/jikj.v2i3.426
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Sofwan, I. (2019). Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. Obesitas Sentral Dan Kadar Kolesterol Darah Total, 11(1), 87–95.
Sri Wahyuni. (2018). Pengaruh Kebugaran Jasmani Dan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Penjasorkes Siswa Kelas Tinggi Sd I Donotirto Kretek Bantul. Jurnal Ideguru, 3(1), 73.
Suharjana. (2018). Latihan Beban untuk Kebugaran Kesehatan dan Performa Atlet. Pohon Cahaya.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5493
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.55859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.