Pendidikan karakter kemandirian peserta didik sekolah dasar melalui bermain sepakbola empat gawang

Agus Sumhendartin Suryobroto, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
José Vicente García Jiménez, Department of Plastic, Musical and Dynamic Expression, University of Murcia, Spain

Abstract


Pendidikan jasmani potensial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan sepakbola empat gawang dalam menanamkan pendidikan karakter kemandirian peserta didik sekolah dasar (SD) kelas atas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap prapengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan terdiri atas kajian literatur, kajian penelitian relevan, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri penyusunan draft model, validasi ahli, ujicoba terbatas, dan ujicoba luas. Validasi melibatkan 2 orang ahli (1 orang ahli materi sepakbola dan 1-orang ahli sarana dan prasarana penjas).  Uji coba skala terbatas dilakukan terhadap 16 peserta didik kelas V dan 1 orang guru Pendidikan Jasmani SD. Uji coba skala luas dilakukan pada 40 peserta didik yang mewakili empat kelas peserta didik kelas V dan VI SD Negeri Tegalrejo I Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi untuk menilai kemandirian peserta didik. Analisis data pada tahap prapengembangan dan pengembangan menggunakan teknik analisis deskripsi kuantitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah produk yaitu panduan permainan sepakbola empat gawang lengkap dengan aturan main serta DVD rekaman pelaksanaan bermain sepakbola empat gawang dalam pendidikan karakter kemandirian bagi peserta didik di SD kelas atas yang dapat menanamkan kemandirian.

 

Physical education has the potential to improve the character of students. The purpose of this study was to develop a four-goal soccer game in instilling independent character education for upper-class elementary school (SD) students. This research is research and development which consists of two stages, namely the pre-development stage and the development stage. The pre-development stage consists of a literature review, relevant research studies, and field studies. The development stage consists of preparing a draft model, expert validation, limited trials, and extensive trials. The validation involved 2 experts (1 expert on football materials and 1 expert on physical education facilities and infrastructure). A limited scale trial was conducted on 16 grade V students and 1 elementary school Physical Education teacher. The wide-scale trial was conducted on 40 students representing four classes of students in grades V and VI of SD Negeri Tegalrejo I Yogyakarta. The instrument used to collect data is an observation sheet to assess student independence. Data analysis at the pre-development and development stages used quantitative description analysis techniques. The results achieved in this study were a product, namely a four-goal soccer game guide complete with rules of the game and DVD recordings of playing four-goal soccer in self-reliance character education for students in upper grade elementary schools who can instill independence.


Keywords


four goal football, elementary school, kemandirian, sepakbola empat gawang, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Arias JL, Argudo FM, Alonso JI. (2011). Review of rule modification in sport. Journal Sports Science Medicine 2011; 10: 1-8.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2007). Education research, (7^th Ed.). New York: Longman Inc.

Dewantara, KH. (1977). Pendidikan. Yogyakarta: Majlis Luhur Persatuan Taman Peserta didik.

E. Fatimah. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Elizabeth Hurlock, B. (1991). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan alih bahasa oleh Istiwidayati, dkk. Jakarta: Erlangga.

Gabbard, C., LeBlanc, B., dan Lovy, S. (1994). Physical education for children: building the foundation. Edisi ke 2. NJ: Prentice Hall.

Gall, M.D., Gall, J.P., dan Borg, W.R. (2003). Educational research: an introduction e disi ke 7. Boston: Pearson Education, Inc.

Gonzalez, J, Rodenas, Ferran C., and Rafael A. (2015). Effect of the game design, the goal type and the number of player on intensity of play in small-sided soccer games in youth elite players. Journal of Human Kinetics. Volume 49/2015, 229-235 DOI: 10.1515/ hukin-2015-0125.

Ali, M. (2005). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Rineka Cipta.

Musdalifah. (2007). Perkembangan Remaja dalam Kemandirian (Hambatan Psikologis dependensi terhadap orang tua). Jurnal Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Vol 4.

Sa’idiyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Islam. Kordinat. E-ISSN 2654-8038 ISSN 1411-6154 Vol 16 No. 1 (2017).

Sarwono, Sarlito Wirawan. (1998). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Seel, B.B, and Rita C. Richey. (1994). Instruksional technology: the difinition and domains of the field. Washington, DC: Association for Educational Communications ang Technology.

Sucipto dkk. (2000). Sepak bola. Jakarta: Depdik-bud Dirjendikti.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Cetakan ke 9. Bandung: Alfabeta.

Suryobroto, AS. (2020). Pengembangan model pembelajaran Pendidikan jasmani materi sepakbola empat gawang untuk meningkatkan keterampilan, kerja sama, dan pengambilan keputusan bagi peserta didik smp. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Paul B, Matthew D. Allan, Bellesini K, Spittle M,. (2009). Rule modification in junior sport: Does it create differences in player movement? Journal of Science and Medicine in Sport. http://dx.doi. Org/10.1016 j.jsams.2017.02.009

Sukintaka. (1992). Teori bermain. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan LPTK.

Wibowo, T. (2010). Rahasia sukses pendidikan karakter: 7 hari membentuk karakter anak. Founder Pendidikan Karakter. Com.

Usabiaga, O. and Castellano, J. (2005) A proposal to adapt game rules in scholastic sport. In: I Congreso de Deporte en Edad Escolar. Propuestas para un nuevo modelo. Va-lencia, Spain: Ayun- tamiento de Valencia. Fundación Deportiva Municipal. 1-9.

Zuchdi, D. dkk. (2009). Pendidikan karakter gran design dan nilai-nilai target. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.53076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats