Motivasi siswa sekolah menengah atas dalam mengikuti pembelajaran daring PJOK materi atletik

Eddy Purnomo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aulia Matin, MTs Al Ma'had An Nur, Indonesia

Abstract


Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang baru satu tahun lalu diperkenalkan dan dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia baik dari tingkat TK, sampai Keperguruan Tinggi karena adanya pandemic covid-19, oleh karena itu bila dilihat dari  hasil pembelajaran terutama hasil tugas –tugas yang diberikan oleh guru PJOK untuk materi atletik kepada siswa, tampak belum mengembirakan hasilnya, terutama dari hasil ujian tengah semester. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya motivasi siswa Sekolah Menengah Atas dalam mengikuti pembelajaran Daring PJOK materi atletik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survai dan teknik pengambilan data secara angket. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret yang telah mempelajari materi atletik dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.  Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas XII  berjumlah 120 orang. Teknik analisa data menggunakan dekskriptif dengan teknik persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa besarnya motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret yang mengikuti daring dengan materi atletik berada pada kategori sedang dengan persentase 40,83 %,  kategori rendah persentase 30 %,   kategori tinggi persentase 16,67 %, kategori sangat tinggi persentase 9,17 %, dan kategori sangat rendah dengan persentase 3,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motivasi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 40,83 %.

 

Abstract: Online learning is learning that was only introduced one year ago and implemented by schools in Indonesia, from the Kindergarten to Higher Education levels because of the COVID-19 pandemic, therefore when viewed from the learning outcomes, especially the results of the assignments given by the PJOK teacher for athletic material to students, it seems that the results are not happy, especially from the results of the midterm exams. The purpose of this study was to determine the level of motivation of high school students in participating in online learning PJOK athletic material. The research design used in this research is descriptive quantitative research with survey research methods and questionnaire data collection techniques. The population of this study were all students of State Senior High School 1 Pleret who had studied athletic material using the purposive sampling technique. The class selected as the research sample were 127 class XII students. The data analysis technique is descriptive with the percentage technique. The results showed that the level of motivation of State Senior High School 1 Pleret students who took part online with athletic material was in the medium category with a percentage of 40.83%, the low category with a percentage of 30%, a high category with a percentage of 16.67%, a very high category with a percentage of 9, 17%, and the very low category with a percentage of 3.33%. The conclusion of this research is that the motivation of the students of State Senior High School 1 Pleret is in the medium category with a percentage of 40.83%.


Keywords


Minat; Pembelajaran; Daring dan PJOK

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arianti, D. D. (2010). Pengaruh keterampilan guru menglola kelas terhadap motivasi belajar siswa jurusan akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Imammulhaq, M. I., Saputra, Y. M., & Muhtar, T. (2021). Korelasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada masa pandemi covid-19 dengan hasil belajar siswa di SMA Bina Muda Cicalengka. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.43341

Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Kastrena, E., Patah, I. A., & Gani, R. A. (2021). Analisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada kelas pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.34322

Meilon, B., Mariani, S., & Isnarto, I. (2019). Analysis of mathematical representation skills based on student learning activities in hands on activity assisted PBL learning model. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 213–219. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/27777

Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., & Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: Best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(1), 227–233. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20279

Purnomo, E., & Dapan, D. (2013). Dasar-dasar gerak atletik. Alfamedia.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.

Soufia, A. L., & Zuchdi, D. (2004). Minat belajar dan impelementasi. UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan; pendidikan kuantitatif, kualitati. Alfabeta CV Bandung.

Sugiyono, S. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sukardi, D. K. (1989). Perkembangan minat. Aksara Baru.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i2.44787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats