Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan saintifik

Komarudin Komarudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 247 peserta didik kelas X di SMAN 1 Banguntapan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Banguntapan. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner online menggunakan google form yang berisi 26 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data presentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Banguntapan dengan kategori “sangat baik” sebanyak 87 peserta didik (35,2%), kategori “baik” sebanyak 143 peserta didik (57,9%), kategori “kurang baik” sebanyak 16 peserta didik (6,5%), dan kategori “tidak baik” sebanyak 1 peserta didik (0,4%).

 

Abstract: This study aims to determine the achievements of the implementation of online learning in the subjects of Physical Education, Sports and Health with a scientific approach. This type of research is a quantitative descriptive study with a survey method. Data collection techniques in this study used a questionnaire instrument and data analysis techniques using descriptive statistics with percentages. The population in this study amounted to 247 students of class X at SMAN 1 Banguntapan using the total sampling technique. The sample in this study were all students of class X at SMAN 1 Banguntapan. The instrument in this study was an online questionnaire using a google form containing 26 questions. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis with percentage data. Based on the results of the overall study, it was concluded that the implementation of online learning in PJOK subjects with a scientific approach at SMA Negeri 1 Banguntapan with the "very good" category as many as 87 students (35.2%), the "good" category as many as 143 students (57, 9%), the "unfavourable" category was 16 students (6.5%), and the "not good" category was 1 student (0.4%).


Keywords


implementasi; pembelajaran; pendekatan saintifik; implementation; learning; scientific approach

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(September), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febrianti, A. D., Artanayasa, I. W., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik pada tema kegemaranku (Sub tema: Gemar bernyanyi dan menari). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30623

Ghafar, A., Maliki, O., & Hudah, M. (2021). Persepsi peserta didik dalam pembelajaran PJOK berbasis pembelajaran jarak jauh SMA Negeri 1 Ulujami selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.128

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Nurgiyantoro. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa. BPFE.

Nusantara, B., & Kuntjoro, B. F. T. (2021). Survei perbandingan tingkat keterlaksanaan Kurikulum 2013 pembelajaran PJOK di SMPN 1 Ponorogo dan SMPN 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 143–149. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/40343

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan multimedia tematik berpendekatan saintifik untuk siswa sekolah dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970

Rojali, W. I., Ngadiman, N., Budi, D. R., Nurcahyo, P. J., & Febriani, A. R. (2021). Evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA pada era pandemi Covid-19. Jurnal MensSana, 6(1), 92–99. https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.24

Rosdiani, R. (2015). Kurikulum pendidikan jasmani. Alfabeta.

Ruhiyat, B. F., Sutarjo, S., & Kurniawan, F. (2021). Survey pelaksanaan pembelajaran sepakbola dalam pendidikan jasmani secara daring pada masa Covid 19 di SMK Sentra Medika Cikarang Utara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 612–619. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2189

Sani, R. A. (2015). Inovasi pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu pendidikan. UNY Pers.

Sudjana, N. (2016). Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono, S. (2013). Psikologi pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Wicaksono, P. N., Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774

Winarno, B. (2012). Kebijakan publik: Teori, proses, dan studi kasus. Center for Academic Publishing Service.

Winasa, I. P. (2021). Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran pada masa pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 804–812. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.162




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.39817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats