Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswa Sekolah Dasar

Rizki Yuliandra, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
Eko Bagus Fahrizqi, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
Imam Mahfud, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia

Abstract


Salah satu permasalahan di pembelajaran olahraga yang terjadi pada siswa sekolah dasar yaitu masih banyak siswa yang salah melakukan gerak dasar guling belakang. Hal ini yang mendasari terlaksananya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan gerak dasar guling belakang dengan menggunakan alat bantu. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Beringain Raya. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana dari setiap siklusnya menggunakan tindakan yang berbeda-beda. Siklus yang pertama dengan penggunaan pembelajaran perbagian, dan siklus yang kedua dengan penggunaan bantuan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Beringin Raya Bandar Lampung yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data diambil melalui pengamatan keterampilan gerak dasar guling belakang yang meliputi sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap keterampilan gerak dasar guling belakang pada siswa sekolah dasar melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 52,94 %, dan siklus kedua 82,35 %. Ini menunjukan bahwa sanya peningkatan yang terjadi sangat baik.

 

The improvements of back roll basic motion for Elementary School

 

Abstract

One of the problems in learning sports that occurs in elementary school students is that there are still many students who make the wrong back roll basic motion. This is what underlies the implementation of this research. The purpose of this study was to determine the improvement of basic rear roll movement skills using assistive devices. This research was conducted at SDN 1 Beringin Raya Bandar Lampung. The research subjects were fourth grade students of SDN 1 Beringain Raya. In this study using action research with two cycles, where each cycle uses a different action. The first cycle uses part learning, and the second cycle uses teacher assistance. The subjects of this study were 17 grade students of SD N 1 Beringin Raya Bandar Lampung. Data collection was taken through the observation of the basic back-roll movement skills which included the initial attitude, implementation and final attitude. The results of this study indicate that there is an increase in the basic motion skills of back-rolling in elementary school students through the use of assistive devices in each cycle, while the increase in each cycle is as follows in the first cycle of 52.94%, and the second cycle of 82.35%. This shows that the only improvement that has occurred is very good.

Keywords


peningkatan, gerak dasar, guling belakang, back roll, basic motion, improvement

Full Text:

PDF

References


Anwar, M.M, Nurdiansyah, Abdillah, S. (2020). Analisis Hasil Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Dan Guling Belakang Melalui Permainan Dan Media Audiovisual Pada Peserta Didik Mata Pelajaran Penjaskes Materi Kelas Vii Di Smpn 17 Banjarmasin Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 1(1).

Ariyanto, Triansyah, A, Gustian, U. (2020). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1). 78-91.

Bangun, Sabaruddin Yunis & Fitriyani, Santi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Guling Belakang Senam Lantai Melalui Gaya Mengajar Latihan Pada Pelajar SMA. Physical Education, Health, and Recreation, 3 (1). 1-11

Delvita, M, & Madri. (2020). Komparasi Metode Pembelajaran Menggunakan Media Visual dan Konvesional Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Senam Lantai. Jurnal Pendidikan dan Olahraga. 3(3).

Efendi, Massur. Simanjuntak, Victor G. Atiq, Ahmad. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Roll Belakang Melalui Media Papan Miring Pada Siswa di SDN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4 (4) 1-15

Gumilar, R. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Ditinjau Dari Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Handspring Senam Lantai. Journal of S.P.O.R.T. 3(1).

Harsono, S, & Sudarso. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Buduran Sidoarjo).

Ilmi, B, Hidasari, F.P, Haetami, M. (2017). Efektivitas Pembelajaran Roll Depan Dan Roll Belakang Menggunakan Media Audiovisual Powtoon. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Khatulistuiwa. 7(9)

Kustiawan, A.A, Prayoga, A.S, Wahyudi, A.N, Utomo, A.W.B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Sederhana Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 15(1). 28-32.

Mansur. (2019). Pemanfaatan Bidang Miring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang Pada Pembelajaran Senam Lantai. Fair Play (Jurnal Pendidikan Jasmani). 1,(1). 1-12.

Muliadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Guling Belakang Dengan Menerapkan Pendekatan PAIKEM Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone Muliadi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 3(3).

Nugraheni, W, & Supena, G.H. (2019). Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan PadaSiswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 4(2), 63-69.

Nurhidayat. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang.

Pangkey, F.R, & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Physical Education (JouPE). 1(1). 33-40.

Prasetyo, I.D & Sunarti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang Melalui Penggunaan Media Video. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 12(1)

Risnawati, Cahyono, I.D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Roll Depan Dengan Alat Bantu Karpet pada Siswa MTs. Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan. 8(1).

Rumekso, G. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Senam Ketangkasan Roll Belakang Dengan Menggunakan Media Matras Bidang Miring Peserta Didik Kelas V Mi Muhammadiyah Tamansari Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Agama Islam Negeri, IAIN Purwokerto, Purwokerto.

Sari, Y, Pujianto, D, Insanistyo, B. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Roll Belakang Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. 2(1).

Setiawati, K.S, Parwata, I.G.L.A, Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal PENJAKORA. 7(1).

Sholekhah, A.D.Z. (2019). Peningkatan Keterampilan Senam Lantai Roll Forward Melalui Metode Bermain Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas III-C Di Minu Wedoro Sidoarjo. Pendidikan Guru Madrasha Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Sutopo, W.G, & Sukoco, P. (2020). Pengembangan Model Alat Bantu Guling Belakang Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. JSH: Journal of Sport and Health. 1(2). 84-92.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats