Tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola
Farhana Risqi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kepercayaan diri Siswa Kelas Khusus Olahraga di SMA Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul sebesar 8,33% kategori “sangat rendah”, sebesar 16,67% “rendah”, sebesar 37,50% “cukup”, sebesar 37,50% “tinggi”, dan sebesar 0% “sangat tinggi”. (2) Kohesivitas sebesar 8,33%kategori “sangat rendah”, sebesar 29,17% “rendah”,sebesar 25,00% “cukup”, sebesar 37,50% “tinggi”, dan sebesar 0% “sangat tinggi”. (3) Kecerdasan emosi kategori sebesar 4,17% “sangat rendah”, sebesar 29,17% “rendah”, sebesar 37,50% “cukup”, sebesar 29,17% “tinggi”, dan sebesar 0% “sangat tinggi”.
The level of self confidence, cohesivity, and emotional quation of soccer students in Special Class of Sport
Abstract
The purpose of this study is to investigate the level of confidence, cohesion, and emotional quatuin of soccer students in special class of sport of sewon 1 high school in the district of bantul. This study used a descriptive research, with survey methodology. The researcher used questionnaires as collecting data instrument. The sample of this soccer students in special class of sport of sewon 1 high school in the district of bantul used purposive sampling technique. These data were analyzed used quantitative descriptive analysis presented in the form of a percentage. The results of this study showed that (1) the confidence level of soccer players in sports class in SMA N 1 Sewon was 8.33%, categorized as “very low”; 16.67% categorized as “low”, 37.50% classified as “sufficient”, 37.50% was “high”, and 0% was “very high”. (2) Cohesion of 8.33% was categorized as “very low”, 29.17% was counted as “low”, 25.00% was classified as “sufficient”, 37.50% was high, and 0% was “very high”. (3) Finally, emotional intelligence of 4.17% categorized as “very low”, 29.17% was counted as “low”, 37.50% was “sufficient”, 29.17% was “high”, and 0% was “very high”.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Awaluddin, Y.Z. (2013). Kontribusi keterampilan juggling kaki dan agility terhadap dribbling pada cabang olahraga sepakbola (Studi Pada UKM Sepakbola UPI Bandung). Diambil pada S_KOR_0609709_chapter1.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 18. 44 wib.
Azwar, S. (2016). Fungsi dan pengembangan pengukuran tes dan prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Dimyati, Herwin, & Hastuti, T. (2011). Pemetaan dan karakteristik psikologis atlet SKO dan PPLP. Jurnal Iptek Olahraga, Vol 13 No 3, Hlm. 245-263.
Dyah Ardhini. (2012). Hubungan motivasi berprestasi dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelasolahraga SMP Negeri 4 Purbalingga. Skripsi, sarjana tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.
Goleman, D. (2002). Working with emotional intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan).Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Husdarta, H.J.S. (2011). Psikologi olahraga. Bandung: Alfabeta.
Jowett, S & Chaundy, V. (2004). An investigation into the impact of coach leadership and coach-athlete relationship on group cohesion. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, Vol 8, PP. 302-331.
Komarudin. (2013). Psikologi olahraga latihan mental dalam olahraga kompetitif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Luxbacher, J.A. (2011). Sepakbola langkah- langkah menuju sukses. Jakarta: PT. Rosda Jaya Putra.
Mangkuprawira, S. (2009). Manajemen sumber daya manusia strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mustopa, I. (2015). Hubungan kohesivitas terhadap prestasi tim sepakbola pada pertandingan antar kelas SMP Negeri 11 Kotabumi. Bandar Lampung:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Diambil pada http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index. php/JUPE/article/view/8014/4943. Diak ses pada tanggal 10 Maret pukul 08.38 WIB.
Patton. (2000). EQ pelayanan sepenuh hati. Jakarta : PT Pustaka Delapratasa.
Pradipta, A.A. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi anggota unit bola basket UMS. Naskah Publikasi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rizki. (2011). Dinamika tim dan grup mata kuliah psikologi olahraga. Diambil pada penjaskes_pendidikanjasmanikesehatan. blogspot.co.id.html. Diakses pada tanggal 10 Maret 2017 pukul 20.10 WIB.
Ryzka Pratama. (2017). Tingkat kohesivitas pemain sepakbola kelompok umur (ku)14-15 tahun di sekolah sepak bola (SSB) Marsudi Agawe Santosa (MAS) Yogyakarta. Skripsi, sarjana tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.
Satiadarma, P.M. (2000). Dasar-dasar psikologi olahraga. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
Setyobroto, S. (2005). Psikologi olahraga. Jakarta: PT. Anem Kosong Anem. Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudijono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Frafinbdo Persada.
Tangkudung, J & Mylsidayu. (2017). Mental training aspek-aspek psikologi dalam olahraga. Bekasi: Cakrawala Cendekia.
Wisnu Angga Dewantara. (2014). Tingkat kecerdasan emosi atlet POMNAS Yogyakarta cabang sepakbola tahun 2013. Skripsi, sarjana tidak diterbitkan.Universitas Negeri Yogyakarta,Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.30728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.