Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Teknik Dasar Passing Sepak Bola

Panji Nur Wicaksono, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Indra Jati Kusuma, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Rifqi Festiawan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Neva Widanita, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Dewi Anggraeni, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract


Kurikulum 2013 mengamanatkan pendekatan saintifik untuk mewujudkan cita-cita pendidikan nasional, 5M (Mengamati, Mencoba, Menalar, Menanya, Mengkomunikasikan). Melalui hal itu maka dalam penerapan pembelajaranya harus bisa mengamalkan 5M untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan saintifik sudah berjalan dengan baik. Penelitian ini menganalisis penerapan pendekatan saintifik di SMP N 1 Kembaran untuk mengetahui jalannya penerapan pendekatan saintifik melalui fokus pembelajaran yaitu materi teknik dasar passing sepakbola pada mata pelajaran PJOK kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Keabsahan data dilakukan melalui metode trianggulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan pendekatan saintifik sudah berjalan baik dalam pembelajaran penjas materi teknik dasar passing sepakbola kelas VIII. 2) Penerapan pendekatan saintifik sudah baik dan sudah membuahkan hasil namun belum bisa dikatakan sempurna karena harus menyesuaikan kondisi siswa.  3) Keberhasilan penerapan pendekatan saintifik secara sempurna dipengaruhi oleh kondisi siswa. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik sudah baik dilakasanakan oleh guru dan sekolah serta sudah membuahkan hasil yang diinginkan namun belum bisa dikatakan sempurna karena masih harus disesuaikan dengan kondisi siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pendidikan Jasmani, Passing, Sepakbola.

 

Application of Scientific Approach to Physical Education Learning Basic Technical Material for Football Passing

Abstract

The 2013 curriculum mandates a scientific approach to realizing the ideals of national education, 5M (Observing, Trying, Reasoning, Asking, Communicating). Through this, the application of the learner must be able to practice 5M to find out whether the application of the scientific approach is going well. This study analyzes the application of the scientific approach in SMP N 1 Kembaran to find out the way the application of the scientific approach through the focus of learning is the basic material of passing football in PJOK VIII subjects. This research is a qualitative research, the sampling technique used in this study uses purposive sampling. The validity of the data is done through the triangulation method. The analysis used in this study is the Miles and Huberman model. The results of this study are: 1) The application of the scientific approach has been going well in the learning of Physical Education basic techniques for passing grade VIII football. 2) The application of a scientific approach is good and has produced results but can not be said to be perfect because they have to adjust the conditions of students. 3) The successful application of the scientific approach is perfectly influenced by the condition of the students. From the results above it can be concluded that the application of the scientific approach has been carried out by both the teacher and the school and has produced the desired results but cannot be said to be perfect because it still has to be adjusted to the conditions of the students.

Keywords: Scientific Approach, Physical Education, Passing, Football.


Keywords


Scientific Approach, Physical Education, Passing, Football

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Anam, 2013, Pengembangan Latihan Ketetpatan Tendangan dalam Sepakbola unttuk Anak Kelompok umur 13-14 Tahun, Jurnal Media Ilmu keolahragaan Indonesia, 3(2). 12-21, doi: https://doi.org/10.23235/miki.v2.4.4211.

Basuki. (2016). Pendekatan Saintifik Pada Penjasorkes dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 12(2), 117-124, from doi: https://doi.org/10.21831/jpji.v12i2.17111.

Festiawan, R., Nurcahyo, P. J., & Pamungkas, H. J. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Kemampuan Long Pass pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(1), 18-22. https://doi.org/10.15294/miki.v9i1.20666

Festiawan, R., Ngadiman, N., Kusuma, I. J., Nurcahyo, P. J., & Kusnandar, K. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Games, Education, and Visualisation (GEV) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jendela Olahraga, 4(2), 13-24.

Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 188-201.

Festiawan, R. (2020). Pendekatan Teknik dan Taktik: Pengaruhnya terhadap Keterampilan Bermain Futsal. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 143-155. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i2.1080

Kemendikbud, 2013, Pendekatan Saintifik Sebagai tombak, Kemendikbud 2013Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran saintifik Kurikulum 2013, Jakarta: Gava Media.

Kusuma I., Galih Noor A., KoKoernia N., 2017, Lomba Lari Panggul Sebagai Wisata Olahraga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Monumen Tampat Lahir Soedirman, Jurnal Unsoed, 7(1). 12-21, doi: https://doi.org/10.22331/ju.v7.4.4211.

Mendikbud, Surat Edaran, Cita cita Pendidikan Nasional, SE Mendikbud BAKN no 5/68/MPK Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Prastowo. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Peelitian, Buku, Malang, Ar-Ruzz .

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Buku, Cet-1 Jakarta, Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sufairoh, 2016, Pendektan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13, Jurnal Pendidikan Profesional, 5(2). 12-21, doi: https://doi.org/10.42345/jpp.v5.2.1421.

Utomo, 2016, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama Pengembanan Percontohan Se-Kabupaten Pati, skripsi UNNES

UU No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU No 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats