Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani SMU NLulusan Prodi PJKR FIK UNY

. Suhadi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme gurupendidikan jasmani SMU N DIY lulusan prodi PJKR FIK UNY, ditinjau dari statusguru, pengalaman mengajar, dan jumlah jam mengajar setiap minggunya.Penelitian ini dilaksanakan di daerah istimewa yogyakarta, dengan subyekpenelitian guru pendidikan jasmani SMU Negeri yang berjumlah 38 orang.Pengumpulan data dengan dua cara : (1) melalui obsevasi pada saat prosesbelajar mengajar, (2) menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif dan chi-Kuadrat dengan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian adalah : guru pendidikan jasmanni SMU N DIY 66,33 % telahmelaksanakan kegiatan dengan baik, dengan demikian profesionalisme gurupendidikan jasmani SMU N DIY dapat dikategorikan cukup. Tidak terdapatperbedaan yang signifikan : (1) antara guru pendidikan jasmani yang berstatussebagai guru tetap maupun guru yang tidak tetap, (2) antara guru pendidikanjasmani yang mempunyai pengalaman mengajar sampai 5 tahun dan di atas 5tahun, (3) antara guru pendidikan jasmani yang mengajar sampai 18 jam setiapminggu dengan yang mengajar diatas 18 jam setiap minggu.Kata kunci : proseionalisme, guru pendidikan jasmani

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats