Peningkatan Kemampuan ManajemenGuru Pendidikan Jasmani

Agus S. Suryobroto,

Abstract


Pembelajaran pendidikan jasmani (Penjas) di sekolah padahakikatnya bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembanganpeserta didik melalui aktivitas jasmani atau gerak olahraga. Ketercapaiantujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh beberapa unsur antara lain:guru, siswa, sarana dan prasarana, media, tujuan, materi, metode,lingkungan, dan evaluasi.Guru merupakan faktor penentu utama dalam keberhasilan pembelajaran yaitupembelajaran yang aman, lancar, tertib, dan bermanfaat. Kegiatan ini dilakukandengan manajemen yang baik, sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran.Manajemen pendidikan jasmani meliputi dua kegiatan yaitu manajemen saranadan prasarana serta manajemen siswa. Manajemen sarana dan prasarana meliputikegiatan penyiapan alat, perkakas dan fasilitas sebelum pembelajaran dimulai,saat pembelajaran, dan setelah selesai pembelajaran. Manajemen siswa meliputipembuatan formasi siswa dan pemantauan kepada seluruh siswa.Agar kemampuan guru meningkat perlu diadakan kegiatan yang menujupeningkatan yaitu dengan pendidikan prajabatan maupun pendidikan dalam jabatan.Pendidikan prajabatan dilakukan melalui studi di Perguruan Tinggi sebelum menjadiguru penjas, sedangkan pendidikan dalam jabatan dilakukan dengan menambahkemampuan melalui studi sambil mengajar, misalnya penyetaraan dari D3 ke S1.Kegiatan peningkatan kemampuan para guru pendidikan jasmani yang lain dapatdilakukan melalui kegiatan di KKG, MGMP, IHT, dan lain-lain.Kata kunci: peningkatan kemampuan, guru pendidikan jasmani, manajemen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats