Tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa program studi pendidikan olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur terhadap permainan tonnis
Andri Tria Raharja, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda, Kalimantan Timur 75124, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa program studi pendidikan olahraga UMKT terhadap permainan tonnis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama, pada tingkat pengetahuan mahasiswa program studi pendidikan olahraga UMKT terhadap permainan tonnis berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 orang), kategori “rendah” sebesar 0% (0 orang), kategori “sedang” sebesar 48% (12 orang), kategori “tinggi” sebesar 52% (13 orang), dan kategori “sangat tinggi” sebesar 0% (0 orang). Kedua, pada sikap mahasiswa program studi pendidikan olahraga UMKT tentang permainan tonnis berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 orang), kategori “kurang” sebesar 0% (0 orang), kategori “sedang” sebesar 32% (8 orang), kategori “baik” sebesar 68% (17 orang), dan kategori “sangat baik” sebesar 0% (0 orang).
Knowledge level and attitude of Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sports education study program against tonnis game
Abstract
This study aims to identify the level of knowledge and attitudes of UMKT sports education program students towards tonnis play. The type of research used in the study is descriptive. The method used in this study is the survey method and data collection techniques using multiple choice tests and questionnaires. The subjects in this study were students of the Sports Education Study Program at Muhammadiyah University in East Kalimantan. The data analysis technique in this study uses descriptive quantitative data analysis techniques. The results of the data obtained in this study are first, on the level of knowledge of UMKT sports education program students on tonnis playing in the category of "very low" by 0% (0 people), "low" category by 0% (0 people), category "Medium" is 48% (12 people), the "high" category is 52% (13 people), and the "very high" category is 0% (0 people). Secondly, the attitudes of UMKT sports education program students about tonnis play were in the "very less" category of 0% (0 people), the "less" category was 0% (0 people), "moderate" category was 32% (8 people)), "good" category of 68% (17 people), and "very good" category of 0% (0 people).
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Bloom. (1956:). Taksonomi bloom. Diakses dari http://dhesiana.wordpress.com/2009/02/15/ domain-pendidikan-menurut-%E2%80%9Cbenjamin-bloom%E2%80% 9D/. diunduh pada tanggal 9 Juli 2019 pada pukul 20.00 WIB.
Griffin. (1997). Tenis tingkat pemula. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hogg. (2004). Sikap. http://www. untukmu-sahabatku.co.cc/2009/02/definisi-sikap.html. pada tanggal 28 Januari 2019 pada pukul 12.30 WIB.
Ngatman S. (2007). Mini Tenis. Yogyakarta: Makalah Pendidikan Pelatih “Nasional ITF Level 1”.
Poerwadarminto. (2002). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Soekidjo Notoatmodjo. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Renika Cipta. Jakarta.
Saifuddin Azwar. (2005). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
_____. (2010). Fungsi dan pengembangan pengukuran tes dan prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Singgih D. Gunarsa. (2008). Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: Gunung Mulia.
Sri Rusmini. (1995). Psikologi umum. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.
Sugihartono. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i2.28301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.