Pengembangan tes keterampilan pukulan jarak jauh woodball untuk siswa sekolah dasar

Indah Sari Dewi, Prodi PGSD Pejas FIK UNY, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Danang Pujo Broto, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh belum adanya tes dan norma tes yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan pukulan jarak jauh woodball untuk siswa sekolah dasar kelas atas yang berusia 10-12 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkur tingkat kemampuan pukulan jarak jauh woodball siswa sekolah dasar kelas atas yang berusia 10-12 tahun.Penelitian ini menggunakan metode research and development. Sampel uji coba penelitian yang digunakan adalah siswa sekolah dasar kelas atas yang berusia 10-12 tahun yang telah mengikuti ekstrakulikuler woodball di SD Negeri Condongcatur Depok Sleman. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan pukulan jarak jauh siswa sekolah dasar. Norma penilaian untuk penjumlahan skor 3 lapangan didapat hasil kategori putri skor kurang dari 20 pukulan  termasuk ke dalam kategori sangat baik, 21-25 pukulan termasuk kategori baik, 26-30 termasuk dalam kategori cukup, 31-34 termasuk dalam kategori kurang dan lebih dari 35 pukulan termasuk kategori sangat kurang. Sedangkan untuk kategori putra skor kurang dari 19 pukulan  termasuk ke dalam kategori sangat baik, 20-24 pukulan termasuk kategori baik, 25-29 termasuk dalam kategori cukup, 30-33 termasuk dalam kategori kurang dan lebih dari 34 pukulan termasuk kategori sangat kurang.

 

Woodball long drive skill test development for upper-grade students of elementary school


Abstract

This research was based on the consideration of the absence of the tests and norms of test that can be used to measure woodball long drive skills for upper-grade elementary school students in the age of 10-12 years. The aim of this study was to measure the level of woodball long drive ability of upper-grade elementary school students in the age of 10-12 years. This research used research and development methods. The research trial sample were the upper-grade students of elementary school in the age of 10-12 years who have participated in woodball extracurricular activities at SD Negeri Condongcatur Depok Sleman. This research used a long drive skills elementary school students test as the instrument. The norm can be seen from the sum of the scores of 3 fireway. The score of women's category was less than 20 blows that was categorised as very good, 21-25 blows was included in good category, 26-30 was included in the sufficient category, 31-34 was classified in less category and more than 35 blows was classified in very poor category. Whereas for the men's category, the score of less than 19 blows was included in very good category, 20-24 blows classified in good category, 25-29 were in sufficient category, 30-33 was included in less category and more than 34 blows were very less category.


Keywords


Tes Keterampilan; Pukulan Jarak Jauh; Woodball; Skill Test; Long Drive

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abu, A & Narbuko, C. (2006). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andriyani, F.D. & Ngatman. (2017). Tes dan pengukuran untuk evaluasi dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Yogyakarta: Fadilatama.

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan anak SD. Indonesian Journal of Primary Education. 1, 51-58.

Daryanto. (2012). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, P.C.P. & Sukadiyanto. (2015). Pengembangan tes keterampilan olahraga woodball untuk pemula. Jurnal Keolahragaan, 3, 228-240.

Dewi, P.C.P. (2015). Identifikasi keterampilan pukulan olahraga woodball. Jurnal Kesehatan Rekreasi. 1, 2.

Dwikusworo, D.P. (2010). Tes pengukuran dan evaluasi olahraga. Semarang: Widya Karya.

Ismaryanti. (2006). Tes dan pengukuran olahraga. Surabaya: Sebelas Maret Universitas Press

Kriswanto, E.S. (2016). Trend olahraga masa kini woodball olah raga ala golf. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Kriswantoro. (2015). Teknik dasar bermain woodball. Semarang: Fastindo.

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Ngatman. (2017). Evaluasi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Purwodadi Grobogan: Sarnu Untung.

President ma meets Taiwan’s team to 4 th world cup woodball championship. (25 November 2010). Targeted news service, hlm.1-2.

Seung, H & Jihyun, L. Teaching striking skills in elementary physical education using woodball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88, 21-27.

Slameto. (2001). Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soetrisno, D. (2015). Bermain woodball. Semarang: IWBA.

Sudijono, A. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamti, E.R. (2007). Diktat perkembangan motorik. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Wang & Audrey. (2013). Everyone’s golf. General Interest periodicals Taiwan, 63, 2.

Wawan & Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Widiastuti. (2006). Tes dan pengukuran olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i2.26663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats