Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk sekolah dasar

Maharani Fatima Gandasari, STKIP Pamane Talino, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menghasilkan model pengembangan pembelajaran tematik materi penjasorkes yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas II SD, 2) Menguji keterlaksanaan model pengembangan pembelajaran tematik materi penjasorkes yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas II sekolah dasar, 3) Menguji ketertarikan peserta didik terhadap model pengembangan pembelajaran tematik materi penjasorkes yang disajikan sesuai dengan tema pembelajaran kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yakni pengembangan produk berupa model pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian di konversikan ke data kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II di 22 sekolah dasar di kota Salatiga. Hasil secara keseluruhan dari uji skala terbatas dan uji skala luas dari ketertarikan produk dari peserta didik rata-rata 85,59 (Baik), keterterimaan produk dari guru rata-rata 85,55 (Baik), keterlaksanaan dari penilaian kognitif rata-rata 82,63 (Baik), afektif rata-rata 83,06  (Baik) dan psikomotor rata-rata 82,75 (Baik). Keterterimaan produk yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 85,57 (Baik) dan keterlaksanaan nilai rata-rata 82,81 (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitubahwa model pembelajaran materi penjasorkes untuk kelas II sekolah dasar yang dikembangkan dapat diterima dengan Baik  dan dapat terlaksana dengan Baik. Disarankan bagi guru Penjasorkes untuk dapat menggunakan model pembelajaran tematik yang dihasilkan sebagai gambaran dan acuan guru penjasorkes untuk mengembangkan materi pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif.

 

The development of thematic learning model for penjasorkes materials of the primary school

 

Abstract

The research investigated to produce the development of thematic learning model of Penjasorkes material which was presented in accordance with the learning theme of the 2nd grade in primary school. 2) It also investigated to test the implementation of thematic learning model of Penjasorkes material which was presented in accordance with the learning theme of the 2nd grade in primary school. 3) And then, it investigated to test the interest of learners to thematic learning model of Penjasorkes material which was presented in accordance with the learning theme of the 2nd grade in primary school. The Method that is used in this research is reseach and development that is development product as thematic learning. Techniques of collecting data used observation and questionnaire in which analysize techniques data used statistical descriptions than converted into qualitative data. Research subjects are students of 2nd grade primary school in 22 primary school in Salatiga. Over all results of tests on a limited scale and large-scale test of interest in the product of the average learner 85,59 (B), Acceptability of products produced average values obtained 85,57 (B) and the enforceability of the average value of 82,81 (B). The conclusion of the study was the thematic learning model of Penjasorkes materials for the 2nd grade of primary school which was developed could be very good acceptable and could be accomplished well. For the teachers of Penjasorkes hopefully could use the product of thematic learning materials of Penjasorkes as an overview and reference to develop learning materials more creative and innovative.


Keywords


Pengembangan; Pembelajaran Tematik; Penjasorkes

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Frasandy, R. N. (2017). Integrative thematic learning (integration model of general subjects in (Islamic) elementary school with religious values). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 5(2), 303-355.

Hidayati, F. F. (2016). Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VDI MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Dissertation. IAIN Purwokerto

Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik panduan lengkap aplikatif. Yogyakarta: Diva Pres

Rustiana, E.R. (2013). Upaya peningkatan kecerdasan emosi siswa sekolah dasar melalui pendidikan jasmani harmoni. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1267

Samsudin. (2008). Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD/MI. Jakarta: Litera.

Suhelli, S. (2018). Strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(2).

Trianto, T. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats