Peningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif menggunakan modifikasi alat bantu pembelajaran sederhana di sekolah dasar

Andri Arif Kustiawan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia
Aba Sandi Prayoga, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia
Arief Nur Wahyudi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia
A. W. B. Utomo, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana pada siswa kelas II B  SDN Pacitan I Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan ,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II B  SDN Pacitan I Kabupaten Pacitan yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 20 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data berasal dari guru,peserta didik,dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi,penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini analisis yang diperoleh dari kondisi awal siswa yang lulus hanya 9 siswa atau 30 %, di siklus pertama siswa yang lulus menjadi 16 siswa atau 53,34 % dan di siklus kedua siswa yang lulus menjadi 26 siswa atau 86,67 % sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas II B SDN Pacitan I Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2018/2019.

 

Improve learning outcomes movement using the tools of manipulative simple learning in primary school

 

Abstract

The purpose of this study was to improve the learning outcomes of manipulative basic motion abilities using simple learning aids in class II B Pacitan I SDN Pacitan District 2018/2019 academic year. This research is a classroom action research (CAR). This research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were class II B Pacitan I SDN Pacitan Regency, amounting to 30 students consisting of 20 male students and 10 female students. Sources of data come from teachers, students, and researchers. Data collection techniques are by observation, assessment and documentation. Data validity uses data triangulation techniques. Data analysis using descriptive techniques based on qualitative analysis with percentages. The results of this study analysis obtained from the initial conditions of students who graduated only nine students or 30%, in the first-cycle students who passed became 16 students or 53.34% and in the second-cycle students who graduated became 26 students or 86.67% while four other students have not yet finished. The conclusion of this study is that using simple learning aids can improve the learning outcomes of manipulative baseline skills in class II B Pacitan I SDN Pacitan District 2018/2019 academic year.


Keywords


kemampuan gerak dasar manipulatif; alat bantu pembelajaran sederhana

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, M.B. (2008). Tes dan pengukuran pendidikan jasmani olahraga. Surakarta: UNS Press.

Coerver, W. (1985). Sepak bola program pembinaan pemain ideal. Jakarta: PT Gramedia

FIFA. (2008). Physical preparation/ development and training. Zurich

Hidayatullah, M.F. (2008). Mendidik anak dengan bermain. buku pegangan guru pendidikan jasmani di sekolah dasar. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kern, R. (2000). Literacy & language teaching. Oxford : Oxford University Press.

Muhardi, M., & Wijayanti, N. P. N. (2017). Tingkat kesegaran jasmani siswa SMPN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-10.

Sugiyono, (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahab, J.A. (2013). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Pustaka Reka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats