Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani
Jeane Betty Kurnia Jusuf, Department of Sport Education, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
Galih Priyambada, Department of Sport Education, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui dukungan orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan survei menggunakan instrumen angket yang berikan orang tua siswa dan siswa SKOI yang berjumlah 50 orang. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa dan siswa SKOI Kalimantan Timur. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Rencana penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil penelitian ini adalah dukungan orang tua siswa termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 93,4 %. Motivasi berprestasi siswa termasuk kedalam kategori sangat baik yaitu sebesar 97,2 %.
Parental support for the achievement motivation of SKOI students in East Kalimantan in attending physical education learning
Abstract
The aim of this research is to examine the effect of parent’s supports toward the needs of achievement possessed by students of Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) in Samarinda city. This research method used in this research is descriptive qualitative method. The instrument of research was the questionnaires shared to the population of 50 SKOI students as well as their parents. The saturated sample research technique was used to the all over population as the sample. The method of this research was presented in the percentage term and done within a six-months period. The result of this research is that the support of parent’s students gained a positive trend with 93.4% and the needs of achievement of the students are very good (accounted for 97,2%).
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Rozaqoh, L. (2008). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Psikosains. 1 (3).
Paramitha, S.T., Anggara, L.A. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. UPI. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 3 (1)
Putri, E.P. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua, Pelatih dan Teman dengan Motivasi Berprestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Olahraga (Basket) Pada Mahasiswa Atlet Basket Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3 (1).
Rosyidah,U.M. (2017). Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islami. 3 (2).
Sudijono. A (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryobroto, A. S. (2004) Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 1 (1).
Syahrin, A., Amiruddin., Bustamam. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mts Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. PJKR: FKIP Unsyiah. Jurnal. 3 (2).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v14i2.23525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.