Peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui penerapan strategi pembelajaran resiprokal

Sabaruddin Yunis Bangun, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Irawan Syahputra, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar tolak peluru melalui penerapan strategi pembelajaran resiprokal pada siswa kelas XII MAN 2 Model Medan Tahun 2017. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XII IPA1  yang menjadi subjek dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Indikator keberhasilan penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran resiprokal sesuai dengan sintaks yang diacu. Aktivitas peserta didik memiliki tugas yang sama sesuai dengan kemampuan dan daya serap peserta didik dapat meningkatkan hasil belajarnya. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa hasil belajar peserta didik dari tes awal dan tes hasil belajar I masih rendah. Maka perlu dilakukannya perbaikan tindakan untuk siklus II. Disiklus II guru lebih meningkatkan dan memotivasi untuk lebih aktif dalam pengulangan pada tahap pelaksanaan dan follow trough nya. Penelitian menyimpulkan: Pada siklus I dari 36 orang peserta didik terdapat 20 orang peserta didik (55,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang peserta didik (44,5%)  belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 61,1. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan peserta didik dalam melakukan tes hasil belajar siklus II secara klasikal sudah meningkat. Dari 36 orang peserta didik terdapat 33 orang (91,6%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 3 orang peserta didik (8,4%) belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 71,25.


Keywords


Tolak Peluru; Strategi Pembelajaran; Resiprokal

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Djamarah, dan Aswan, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumardi, 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindi Persada.

Dimyati, dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka.

Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutikno, Sobry, 2000. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Prospect.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats