Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP

Ade Evriansyah Lubis, STOK Bina Guna Medan, Indonesia
Muhammad Agus, STOK Bina Guna Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Aek Songsongan Asahan  Tahun Ajaran 2016/2017, melalui Variasi Pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing atas bola voli. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar passingatasbola voli. Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Adapun hasil yang diperoleh dari observasi yakni 7 siswa dinyatakan tuntas (21%) sedangkan 25 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (79%). Pada siklus I diperoleh hasil dimana 25 siswa dinyatakan tuntas (78%) sedangkan 7 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (22%). Dan pada siklus II diperoleh hasil dimana 29 siswa dinyatakan tuntas (90%) sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (10%).

 

Improving the learning results of high pass on volleyball through learning variance among junior high school students

 

Abstract

The study aims at identifying the learning results of high pass on volleyball among Grade VIII-1 students of Negeri 1 Aek Songsongan Junior High School Asahan Academic Year 2016/2017 by means of learning variance. The study itself is a Classroom Action Research. When the study was conducted there were two cycles and each cycle consisted of planning, action, observation and reflection. The data sources in the study were the tests to the students in the form of basic high pass technique application in volleyball. Then, the data in the study were gathered by means of assessment toward the learning results of high pass. In analysing the data, the descriptive qualitative technique was implemented with percentage. From the observation, 7 students (21.00%) passed the test while 25 students (79.00%) did not pass the test. Furthermore, in the first cycle 25 students (78.00%) passed the test while the remaining 7 students (22.00%) did not pass the test. In the second cycle, 29 students (90.00%) passed the test while the 3 remaining students (10.00%) did not pass the test.


Keywords


Variasi Pembelajaran; Passing Atas; Bola Voli

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Aqib, Z. (2007). Penelitian tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.

Dahar, R. W. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2003). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah., & Zain. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Giriwijoyo, S., & Sidik, D. Z. (2013). Ilmu faal (fisiologi) olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusantanti, D. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Klein, T., &Kruber, D. (1990). Bola voli: pembinaan teknik, taktik, dan kondisi. Jakarta: PT. Gramedia.

Lutan, R. (2000). Strategi belajar mengajar penjas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mardiana, A., Purwadi., & Satya, W. I. (2011). Pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mutohir., & Samsudin. (2008). Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan sd/mi. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurkancana, W. (1986). Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Viera, B.L., &Ferguson, B.J. (2004). Bola voli tingkat pemula. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats