Penerapan budaya 7K untuk siswa sekolah dasar

Any Budiarti, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sriawan Sriawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan budaya 7K (Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, dan Kerindangan) yang dilakukan oleh siswa kelas IV, V, VI di SD Negeri 7 Kebumen, Kecamatan Kebumen. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V, VI di SD Negeri 7 Kebumen, Kecamatan Kebumen. Jumlah siswa keseluruhan yang diteliti sebanyak 100 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Validitas kontsruk instrumen penelitian dengan expert judgement dan validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan budaya 7 K pada faktor yang dikategorikan sangat baik ada 2 faktor yaitu ketertiban dan kekeluargaan dengan presentase keseluruhan sebesar 28,6%, pada kategori baik ada 4 faktor yaitu keamanan, kenyamanan, kebersihan dan keindahan dengan presentase keseluruhan sebesar 57,1%, pada kategori cukup ada 1 faktor yaitu kerindangan dengan presentase keseluruhan sebesar 14,3%, dan kategori tidak baik dengan presentase 0%. Sehingga hasil penelitian penerapan budaya 7 K di SD Negeri 7 Kebumen, Kecamatan Kebumen adalah baik.

 

 

Application of 7K culture for elementary school students

 

Abstract

The aim of this research is to know the implementation of 7K culture (security, comfort, hygiene, orderliness, beauty, kinship, and shade) done by grade IV, V, VI students at primary public school 7 Kebumen. The design of this research is descriptive research with survey method. The subject of this research is all students. Total students were 100 students. Technique of taking data using questionnaire. The validity of research instruments using expert judgment and validity of questionnaire instrument is done by item analysis. Technique of data analysis used in this research is descriptive statistical data analysis. The result of this research can be concluded that 7 K culture enrichment on factor which is categorized very good there are 2 factors that is orderliness and kinship with total percentage equal to 28,6%, good category there are 4 factor that is security, comfort, hygiene and beauty with total percentage equal to 57 , 1%, in the category enough there is one factor that is shade with the overall percentage of 14.3%, and the category is not good with a percentage of 0%. So the results of research implementation of culture 7 K in primary public school District is good.


Keywords


Budaya; 7K; Siswa SD; Culture; elementary students

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta

Djohar. (1999). Reformasi dan masa depan pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tilaar. (1999). Pendidikan Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 39 tahun 2008 tentang standar penilaian pendidikan. Novindo Pustaka Mandiri

Fufindo, O. G. (2013). Pembinaan kesiswaan di sekolah menengah pertama negeri kecamatan sungayang kebupaten tanah datar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1).

Syafaruddin. (2002). Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. Jakarta: Grasindo

Suwanto, Widyaningtyas, Didang Setyawan. (2008). Ayo belajar ilmu pengetahuan sosial kelas 2. Yogyakarta: Kanisius

Rukky Santoso. (2003). Right brain mengembangkan kemampuan otak kanan untuk kkehidupan yang lebih berkualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Hegar Pangarep. (2010). 101 tips kilat personality plus. Jakarta: PT. Buku Kita

Masan dan Rachmat. (2006). PKN pendidikan kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Grafindo

Dwi Tyas Utami dkk. (2006). Ilmu pengetahuan sosial untuk sekolah dasar kelas III. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i1.21025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats